Pidato Bahasa Inggris Tentang Pramuka Beserta Terjemahannya

Sejak kita masih di tingkat SD, kita semua tentu sudah mulai mengenal gerakan Pramuka ya. Biasanya dalam kegiatan ini kita dilatih untuk mengerjakan banyak hal. Salah satunya adalah berbicara di depan umum dengan menyampaikan sebuah pidato singkat. Dalam kesempatan kali ini, Kak Dikta sudah menyiapkan sebuah pidato Bahasa Inggris tentang Pramuka beserta terjemahannya untuk adik-adik yang mungkin membutuhkan.

Selain tema Pramuka, kakak juga sudah menyiapkan lebih dari sepuluh Pidato Bahasa Inggris dengan berbagai tema untuk adik-adik pelajar semua. Jadi jangan khawatir jika kamu merasa kesulitan dalam memahami atau menghafalkan teks pidato di bawah ini, kamu masih punya banyak pilihan yang bisa kamu pelajari. Untuk sekarang, ayo kita baca dulu selengkapnya pidato Bahasa Inggris berikut ini. – KakDikta.blogspot.com

English Speech Example About Scout
Google Image - Pidato Bahasa Inggris Tentang Pramuka Beserta Terjemahannya

Pidato Bahasa Inggris Tentang Pramuka

Jika kamu pernah ikut Pramuka di sekolah, kakak rasa kamu pasti kenal dengan Sir Robert Baden-Powell. Ya, benar sekali, beliau adalah founder atau pendiri gerakan Pramuka dunia. Dalam kesempatan kali ini kakak ingin membahas tentang manfaat kegiatan Pramuka bagi pelajar. Buat kamu yang udah penasaran dari tadi tentang isi pidato Bahasa Inggris kali ini, yuk langsung aja baca selengkapnya di bawah ini.

Benefits of Scouting for Students (Manfaat Kepramukaan Bagi Pelajar)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
The honorable Chief of Kwartir Cabang Tanah Biru,
The honorable Mr and Madam Chief of Kwartir Ranting,
The honorable Honorary Council of Kwartir Cabang Tanah Biru,
The honorable Chief of Saka.
First of all, let us express our gratitude to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life so that we can gather together today in our joint training.
Second of all, let us recite sholawat to our beloved prophet Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam so that we will always remember that he is the reason that we can live in a bright era as we experienced today.
An endless gratitude also goes to all people who have devoted their time and energy in the preparation of this event so that it runs perfectly.
My name is Cita Gemilang. I’m from SMPN 3 Kaliasin. Today, I would like to talk about “Benefits of Scouting for Students”.

Ladies and Gentleman,
The education system in our country starts introducing scouting to students since elementary level. That is the reason why we are so familiar with this activity. Unfortunately, most of us are still unaware of its benefits and as the result some of us tend to discourage ourselves or even others to get involved in scouting.
As a scout, I have to tell you that I get so many benefits from this activity. The day I decided to join this youth movement was one of the best decisions I have made in my life. I acquired so many knowledge of various field, I learn so many life skills, I master so many useful management skills and most importantly I make countless friends from various backgrounds. The best part of all this is that I earn all of that for free. I spend nothing to get everything that I just mentioned just now. It is awesome, isn’t it?
If you are considering to join scouting or if you are thinking about getting your kids to this activity, I am going to explain to you some benefit that you may get from scouting especially for students. I hope my explanation will clear your mind so that you can make your decision.
In scouting, we have so many divisions that we call as SaKa or Satuan Karya. Some of them are: Saka Dirgantara, Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Pekerjaan Umum, Saka Teknologi and many more. Each SaKa will explore certain field intensively, for example: Saka Dirgantara will explore the world of aviation, Saka Bahari will explore anything related to marine and so on. Taking part in one of these SaKa will allow you to learn about certain field that you may not find at school. This is very good for you as a student, because it will open up your mind and expand your horizon. In short, you will be a knowledgeable student.

Ladies and Gentleman,
Please raise your hand if you can start a fire without matches or lighter? Anyone? Now, please raise your hand if you can cook in the woods without stove? No body? Owh, Okay. My last question, can any of you tell which plant is edible and which one is not if you get lost in the jungle? Now, this is something that we call as survival skills. This is one of so many life skills that you will learn in scouting. Can you imagine how useful it is for you as students to have all of this skill? This skill might save your life in case of emergency, this skill might even help you to help other people in need. The best part of having this skill as a student is that you will have a better confidence in yourself, and we all know that every student need confidence to excel in their study.
Last but not least, happy student is friendly student. It is an undeniable fact that student will have a good life at school when they have a lot of friends. Joining scouting will open up a chance for you to make countless friends, and the best part is the range of your friend circle won’t stop in your school only but it stretches as far as this world, it stretches as far as you can go. Now, can you imagine how many friends will you make by joining this activity? I can’t.

Ladies and Gentleman,
What I just told you just now is just a small part of so many benefits that you can have by joining this activity. The choice is yours, but I think I know what you will decide. Thank you very much for your attention, please enjoy this event and be happy.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Pramuka

Manfaat Kepramukaan Bagi Pelajar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Kepala Kwartir Cabang Tanah Biru,
Yang terhormat Bapak dan Ibu Kepala Kwartir Ranting,
Yang terhormat dewan kehormatan Kwartir Cabang Tanah Biru,
Yang terhormat Kepala-kepala SaKa.
Pertama-tama, marilah kita ungkapkan rasa syukur kita pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkahnya dalam hidup kita sehingga kita bisa berkumpul bersama pada hari ini dalam acara latihan gabungan kita.
Yang kedua, marilah kita membacakan sholawat untuk Nabi kita tercinta Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam supaya kita akan selalu ingat bahwa beliaulah alasan mengapa kita bisa hidup dalam zaman yang terang seperti yang kita alami saat ini.
Ungkapan terimakasih yang tak terhingga juga saya tujukan pada semua orang yang telah mencurahkan waktu dan tenaga nya dalam persiapan acara ini hingga acara ini berjalan dengan sempurna.
Nama saya Cita Gemilang. Saya dari SMPN 3 Kaliasin. Hari ini, saya ingin membicarakan tentang “Manfaat Kepramukaan bagi Pelajar”.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Sistem pendidikan di negara kita mulai mengenalkan kepramukaan pada siswa sejak tingkat sekolah dasar. Inilah alasannya mengapa kita begitu akrab dengan kegiatan ini. Sayangnya, sebagian besar dari kita masih belum menyadari manfaat dari kegiatan ini dan sebagai dampaknya sebagian dari kita cenderung mencegah diri kita atau bahkan orang lain untuk terlibat dalam kepramukaan.
Sebagai seorang pramuka, saya harus memberitahu pada anda bahwa saya memperoleh begitu banyak manfaat dari kegiatan ini. Hari dimana saya memutuskan untuk bergabung dengan gerakan pemuda ini merupakan salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat dalam hidup saya. Saya memperoleh begitu banyak pengetahuan dari beragam bidang, saya mempelajari begitu banyak keterampilan hidup, saya menguasai begitu banyak keterampilan pengelolaan yang bermanfaat dan yang terpenting saya mendapatkan begitu banyak teman dari beragam latar belakang. Bagian terbaik dari semua ini adalah saya memperoleh semua hal itu secara gratis. Saya tidak mengeluarkan apapun untuk memperoleh semua hal yang baru saja saya sebutkan. Hal ini sangat keren, ya kan?
Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan kepramukaan atau jika kamu sedang berpikir tentang mengikutsertakan anak anda dalam kegiatan ini, saya akan menjelaskan pada anda beberapa manfaat yang mungkin anda peroleh dari kepramukaan terutama bagi pelajar. Saya harap penjelasan saya akan menjernihkan pikiran anda supaya anda bisa membuat keputusan.
Dalam kepramukaan, kita memiliki begitu banyak divisi yang kita sebut dengan SaKa atau Satuan Karya. Beberapa diantaranya adalah: Saka Dirgantara, Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Pekerjaan Umum, Saka Teknologi dan masih banyak lagi. Masing-masing SaKa akan mempelajari suatu bidang secara intensif, sebagai contoh: Saka Dirgantara akan mempelajari dunia penerbangan, Saka Bahari akan mempelajari semua hal terkait kelautan dan seterusnya. Ikut serta dalam salah satu SaKa ini memungkinkan kamu untuk mempelajari tentang bidang tertentu yang mungkin kamu tidak temukan di sekolah. Hal ini sangat bagus bagimu sebagai pelajar, karena hal ini akan membuka pikiranmu dan memperluas wawasanmu. Singkatnya, kamu akan jadi pelajar yang berpengetahuan luas.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Tolong angkat tangan anda jika anda bisa menyalakan api tanpa korek atau pemantik! Adakah yang bisa? Sekarang, tolong angkat tangan anda jika anda bisa memasak di hutan tanpa kompor! Tidak ada? Owh, baiklah. Pertanyaan terakhir saya, bisakah anda membedakan tanaman mana yang bisa dimakan dan tanaman mana yang tidak jika anda tersesat di hutan? Hal ini adalah yang kita sebut dengan kemampuan bertahan hidup. Ini adalah salah satu dari sekian banyak keterampilan yang akan anda pelajari di kepramukaan. Bisakah kamu membayangkan betapa bergunanya bagimu sebagai seorang pelajar untuk memiliki semua keterampilan ini? Keterampilan ini mungkin menyelamatkan hidup anda dalam kondisi darurat, keterampilan ini mungkin bisa membantumu untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Bagian terbaik dari memiliki keterampilan ini sebagai seorang siswa adalah kamu akan memiliki rasa kepercayaan yang lebih baik terhadap dirimu sendiri, dan kita semua tau bahwa setiap siswa membutuhkan rasa percaya diri untuk dapat maju dalam pendidikannya.
Terakhir namun tak kalah penting, siswa yang bahagia adalah siswa yang ramah. Hal ini merupakan fakta yang tak terbantahkan bahwa pelajar akan memiliki kehidupan di sekolah yang baik ketika mereka memiliki banyak teman. Bergabung dalam kepramukaan akan membuka kesempatan bagimu untuk mendapatkan begitu banyak teman, dan bagian terbaiknya adalah cakupan lingkaran pertemananmu tidak akan berhenti di sekolahmu saja namun hal itu akan membentang seluas dunia ini, ia membentang sejauh apa kamu pergi. Sekarang, bisakan kamu membayangkan berapa banyak teman yang akan kamu dapat dengan ikut serta dalam kegiatan ini? Saya pun tidak bisa.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Apa yang baru saya saya sampaikan pada anda merupakan bagian kecil dari begitu banyak manfaat yang bisa anda peroleh dengan ikut serta dalam kegiatan ini. Pilihannya ada di tangan anda, namun saya rasa saya tau apa yang akan anda putuskan. Terimakasih banyak atas perhatian anda, silahkan nikmati acara ini dan berbahagialah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Adik-adik, seperti itulah contoh pidato Bahasa Inggris dengan tema Pramuka yang bisa kakak sajikan, silahkan dimanfaatkan jika kamu membutuhkannya. Kakak akhiri sampai di sini materi kali ini, terimakasih banyak atas kunjungan dan waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan kakak hingga selesai. Semoga kamu mendapatkan manfaat dari teks yang kakak sajikan kali ini. Jangan lupa klik tombol follow yang ada di samping, dan silahkan lanjutkan dengan membaca Pidato Bahasa Inggris Tentang Globalisasi Dan Terjemahannya.

Referensi:
  1. Scouting - https://en.wikipedia.org/wiki/Scouting - Diakses tanggal 2 Oktober 2019
  2. Kwartir (Pramuka) - https://id.wikipedia.org/wiki/Kwartir_(Pramuka) - Diakses tanggal 2 Oktober 2019
  3. Satuan Karya Pramuka - https://id.wikipedia.org/wiki/Satuan_Karya_Pramuka - Diakses tanggal 2 Oktober 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »