Pidato Bahasa Inggris Tentang Zakat Fitrah Beserta Artinya

Zakat Fitrah adalah salah satu tema yang menarik untuk dijadikan sebuah pidato. Jika adik-adik nantinya merasa pidato Bahasa Inggris tentang zakat fitrah ini terdengar seperti ceramah, itu sangat wajar, karena ceramah yang sering kita dengarkan di masjid atau di televisi itu juga merupakan bentuk pidato. Hanya saja kali ini kita akan belajar menyampaikannya dalam Bahasa Inggris.

Pidato Bahasa Inggris tentang zakat fitrah yang ada di bawah ini merupakan pidato singkat yang sangat cocok untuk dibawakan oleh anak-anak khususnya yang masih berada di tingkat Sekolah Dasar (SD). Selain karena adik-adik dapat belajar tentang agama Islam, kosakata yang digunakan dalam contoh pidato Bahasa Inggris di bawah ini adalah kosakata umum yang sudah sering kalian dengar, jadi kakak yakin adik-adik akan lebih mudah untuk menghafalkannya. Ingat! Jika kamu ingin mencari Pidato Bahasa Inggris dengan tema yang lain, kamu bisa langsung mengunjungi link atau tautan yang kakak sediakan ini. – KakDikta.blogspot.com

English Speech About Zakat Fitrah
Google Image - Pidato Bahasa Inggris Tentang Zakat Fitrah Beserta Artinya

Pidato Bahasa Inggris Tentang Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah jenis zakat yang wajib dibayarkan oleh semua umat muslim pada bulan Ramadan dengan ketentuan selambat-lambatnya sebelum Sholat Ied selesai. Kakak yakin kita semua sudah sangat familiar dengan kegiatan membayar zakat fitrah ya. Dalam pidato Bahasa Inggris kali ini, kakak ingin membahas sedikit ilustrasi manfaat yang bisa kita raih dari kegiatan zakat fitrah ini. Bagi adik-adik yang sedang membutuhkan contoh pidato Bahasa Inggris, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

The Benefit of Zakat Fitrah (Manfaat Zakat Fitrah)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
The honorable audience
The honorable Juries and my fellow English Speech competition participants
Let’s be grateful to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life and let’s say sholawat to our prophet Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
My name is Arifin Hafidz from SDN 5 Muara Santai. In this special occasion, I would like to talk about “The Benefit of Zakat Fitrah”.

Ladies and Gentlemen,
Every year, during Ramadan, every Muslim has the obligation to give away their zakat fitrah to other people in need. Some of us give it right away to others and some of us may hand it over to Masjid administrator or to some institution who manage the distribution of zakat. In Indonesia, people may give their zakat fitrah in the form of money and they may also give it in the form of rice.
When we give away our zakat fitrah, we know that the reason we do it is not only for completing our duties, but also for gaining benefit from it for ourselves. Zakat fitrah by function will clean ourselves and our wealth so that when Ramadan is over we expect that we will be clean just like a new born baby. We need zakat not only because we make a lot of sin throughout the year but also because we believe that there is always someone else’s right within our wealth, and we can only take it away or clean it through zakat.
We all realize the benefit of zakat for ourselves, but do we know the benefit of zakat for other people who receive it? Some of us who had experience of receiving zakat might understand this, just like me. My family and I received zakat last year, and I need to tell you, it means a lot to us.
My family is not poor. We just happen to be the person in need at that moment. I have eleven siblings and all of us are still in school age. My father is the sole provider for our family. We live happily and we are always grateful for our life, but the thing is that, it is not always easy living with so many family members in a house.
Zakat fitrah might be an additional income for the people like me. It might also be a starter capital for some people to create or build something as source of income. It might also be surprise happiness for some others. In short, zakat fitrah helps a lot of people in something that you might have never imagined before. That is the reason why, we have to give away our zakat fitrah. If it is possible make it extra in the form of sedekah.

Ladies and Gentlemen,
We are so lucky if we can give more to others, because it means that we have so much at hand. Don’t hesitate to give away your zakat fitrah, because it will not only help yourself, but it also help others. I think that’s all from me, thank you very much for your attention.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Zakat Fitrah

Manfaat Zakat Fitrah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Hadirin yang terhormat
Yang terhormat dewan juri serta rekan-rekan sesame peserta lomba pidato Bahasa Inggris
Mari kita bersyukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkah nya dalam hidup kita dan mari kita bacakan sholawat pada nabi kita Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
Nama saya Arifin Hafidz dari SDN 5 Muara Santai. Dalam kesempatan spesial ini, saya ingin membicarakan tentang “Manfaat Zakat Fitrah”.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Setiap tahun, selama Ramadan, setiap orang Muslim memiliki kewajiban untuk memberikan zakat fitrah mereka pada orang lain yang membutuhkan. Sebagian dari kita memberikannya secara langsung pada orang lain dan sebagian yang lain mungkin menyerahkannya pada pengurus Masjid atau lembaga yang mengatur pendistribusian zakat. Di Indonesia, orang-orang bisa memberikan zakat fitrah mereka dalam bentuk uang dan mereka juga bisa memberikannya dalam bentuk beras.
Saat kita memberikan zakat fitrah kita, kita tau bahwa alasan kita melakukan hal itu bukanlah hanya untuk menyelesaikan tugas kita, namun juga untuk memperoleh manfaat darinya bagi diri kita sendiri. Zakat fitrah berdasarkan fungsinya akan membersihkan diri kita sendiri dan harta kita sehingga ketika Ramadan berakhir kita berharap bahwa kita akan menjadi bersih layaknya bayi yang baru lahir. Kita membutuhkan zakat bukan hanya karena kita melakukan begitu banyak dosa sepanjang tahun namun juga karena kita yakin bahwa akan selalu ada hak orang lain di dalam harta kita, dan kita hanya bisa mengeluarkannya atau membersihkannya melalui zakat.
Kita semua menyadari manfaat zakat bagi diri kita sendiri, namun apakah kita tau manfaat zakat bagi orang lain yang menerimanya? Beberapa dari kita yang memiliki pengalaman menerima zakat mungkin mengerti akan hal ini, sama seperti saya. Keluarga saya dan saya menerima zakat tahun lalu, dan saya perlu beritahukan pada anda, hal itu sangat bermakna bagi kami.
Keluarga saya tidak miskin. Kami hanya kebetulan jadi orang yang membutuhkan pada saat itu. Saya memiliki sebelas saudara dan kami semua masih di usia sekolah. Ayah saya adalah penyedia tunggal bagi keluarga kami. Kami hidup dengan bahagia dan kami selalu bersyukur atas hidup kami, namun masalahnya, hidup dengan banyak anggota keluarga di satu rumah tidaklah selalu mudah.
Zakat fitrah bisa jadi sebuah tambahan pemasukan bagi orang-orang seperti saya. Hal itu juga bisa menjadi modal awal bagi sebagian orang untuk membuat atau membangun sesuatu sebagai sumber penghasilan. Hal itu juga bisa menjadi kejutan kebahagiaan bagi sebagian orang yang lainnya. Singkatnya, zakat fitrah menolong banyak orang dalam hal yang mungkin anda belum pernah bayangkan sebelumnya. Inilah alasannya mengapa kita harus menyerahkan zakat fitrah kita. Jika memungkinkan berikanlah lebih banyak dalam bentuk sedekah.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Kita sangat beruntung jika kita bisa berbagi lebih banyak pada orang lain, karena itu berarti kita memiliki banyak hal di tangan kita. Jangan ragu untuk memberikan zakat fitrah anda, karena hal itu tidak hanya akan membantu anda sendiri, namun juga membantu orang lain. Saya rasa itu saja dari saya, terimakasih banyak atas perhatian anda.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Adik-adik, inilah akhir dari artikel kali ini yang berjudul pidato Bahasa Inggris tentang zakat fitrah, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu. Terimakasih banyak untuk waktu yang sudah kamu luangkan, kakak tunggu kunjunganmu berikutnya. Silahkan klik tombol follow yang ada di sebelah kanan sebelum kamu berpindah ke halaman yang baru dan jangan lupa baca juga Pidato Bahasa Inggris Singkat Tentang Gizi Dan Terjemahannya.

Referensi:
  1. Zakat Fitrah - https://id.wikipedia.org/wiki/Zakat_Fitrah - Diakses tanggal 12 Oktober 2019
  2. Pengertian Zakat Fitrah, Hukum, Doa dan Niat Zakat Fitrah - https://globalzakat.id/tentang/zakat-fitrah - Diakses tanggal 12 Oktober 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »