Contoh Explanation Text Tentang Banjir Dan Proses Terjadinya

Adik-adik, dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari bersama sebuah contoh Explanation Text tentang banjir dalam Bahasa Inggris. Sesuai dengan pengertian Explanation Text yang sudah kita ketahui bersama, melalui teks bacaan kali ini, kita akan mempelajari sebuah “proses” atau “cara” yang berkaitan dengan hal-hal seperti fenomena alam, kondisi sosial budaya di sekitar kita atau juga hal yang berkaitan erat dengan dunia ilmiah. Dan yang akan kita pelajari dalam contoh Explanation Text singkat kali ini adalah “proses terjadinya banjir”. Bagi adik-adik yang belum tau tentang proses terjadinya banjir, Kak Dikta harap artikel kali ini bisa membawa pengetahuan baru bagimu.

Sebelum kita membahas lebih jauh contoh Explanation Text tentang Banjir di bawah ini, ada baiknya kakak mengulas sedikit tentang struktur teks atau generic structure dari Explanation Text. Tapi sebelumnya Kak Dikta minta maaf jika adik-adik dan sobat pembaca menemukan penjelasan tentang generic structure Explanation Text yang berbeda dengan apa yang akan kakak sampaikan dalam tulisan kali ini, tanpa mengklaim mana yang salah dan mana yang benar, berikut ini adalah struktur teks dari Explanation Text dalam Bahasa Inggris yang kakak kutip dari buku yang ditulis oleh Beverly Derewianka dengan judul “Exploring How Texts Work”, generic structure nya terdiri dari: Phenomenon (mengenalkan tentang apa Explanation Text tersebut) dan Explanation (penjelasan proses / cara terkait fenomena yang kita bicarakan). – KakDikta.blogspot.com

Contoh Explanation Text Singkat Tentang Banjir
Google Image - Contoh Explanation Text Tentang Banjir Dan Proses Terjadinya

Contoh Explanation Text Tentang Banjir (Flood)

Banjir atau yang dalam Bahasa Inggris kita sebut dengan “Flood”, ternyata merupakan bencana alam paling sering terjadi serta paling merusak. Melalui contoh Explanation Text di bawah ini, kita akan mencari tau bagaimana sebenarnya proses terjadinya banjir. Kakak harap, setelah membaca teks eksplanasi di bawah ini, pengetahuan serta kemampuan Bahasa Inggrismu bisa sama-sama meningkat.

How Does Flood Happen? (Bagaimana Proses Terjadinya Banjir?)
Flood is a condition when lots of water occupy an area that is usually dry. There are some reasons of how this condition occur such as water overflow from river, ocean or lake, bad drainage system that could not contain the rain water, or even the snow melt. The following explanation will illustrate the process of flood in urban area as the result of extreme downpour.
Every urban area is designed with a schematic waterways that will contain the rain water and allow it to flow to the river or to certain location underground that can later be absorb by the soil. But, there are certain possibilities that can hinder this process to be carried out flawlessly. One of the possible factor is human’s action.
Let’s imagine that the drainage system under a city ground is like a long and huge pipe. When you pour water into a pipe, the water will come out on the other end of the pipe. This is how the waterways system should be working. But, what will happen if you cover the other end of the pipe with something? For example you sealed the other end of the pipe with plastic or something like that which ensure the water cannot pass through. The water that you pour into the pipe will start to fill the whole space of the pipe until it is full and flood happen, the water goes back to where it comes in the first place.
That is mostly what happen in urban area. The people throw their trash carelessly and when the rain come, little by little, some of the trash washed away into the sewer and pile up somewhere in it. Until one day, the pile of trash clog the waterways and as the result flood happen when the heavy rain occur.

Terjemahan Contoh Explanation Text Tentang Banjir

Bagaimana Proses Terjadinya Banjir?
Banjir adalah sebuah kondisi ketika air dalam jumlah banyak menempati suatu kawasan yang biasanya kering. Ada beberapa alasan yang menyebabkan kondisi ini muncul seperti misalnya air yang meluap dari sungai, lautan atau danau, sistem drainase yang buruk yang tidak mampu menampung air hujan, atau bahkan salju yang meleleh. Penjelasan di bawah ini akan menjelaskan proses terjadinya banjir di daerah perkotaan sebagai dampak dari hujan deras yang ekstrim.
Setiap daerah perkotaan di desain dengan skema saluran air yang akan menampung air hujan dan memungkinkannya untuk mengalir menuju sungai atau ke lokasi tertentu di bawah tanah untuk kemudian diserap oleh tanah. Namun, ada beberapa kemungkinan yang dapat mengganggu proses ini dari berjalan secara sempurna. Salah satu penyebab yang mungkin menjadi alasannya adalah tindakan manusia.
Mari kita bayangkan sistem drainase di bawah sebuah kota adalah seperti sebuah pipa besar dan panjang. Saat kamu menuangkan air kedalam pipa tersebut, air itu akan keluar dari bagian ujung yang lain pipa tersebut. Beginilah sistem aliran air seharusnya bekerja. Namun, apa yang akan terjadi jika kamu menutup bagian ujung yang lain dari pipa tersebut dengan menggunakan sesuatu? Sebagai contoh kamu menutup nya dengan plastic atau semacamnya yang memastikan bahwa air tidak bisa melewatinya. Air yang kamu tuangkan kedalam pipa tersebut akan mulai mengisi seluruh ruangan dari pipa tersebut hingga pipa itu penuh terisi dan banjir pun terjadi, air tersebut kembali lagi ketempat ia berasal.
Inilah kebanyakan yang terjadi di daerah perkotaan. Masyarakat membuang sampah mereka sembarangan dan ketika hujan datang, sedikit demi sedikit, sebagian sampah tersebut hanyuk kedalam got dan menumpuk di suatu tempat di sana. Hingga suatu hari, tumpukan sampah itu menyumbat aliran air dan sebagai dampaknya banjir pun terjadi saat hujan deras muncul.

Nah, itulah tadi contoh Explanation Text tentang banjir dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Terimakasih untuk waktu yang sudah adik-adik luangkan kali ini, kakak harap kamu menyukai artikel ini dan mampu belajar hal baru di dalamnya. Kakak akhiri sampai di sini, nantikan postingan Kak Dikta selanjutnya dan jangan lupa baca Contoh News Item Text Tentang Banjir Di Berbagai Negara.

Referensi:
  1. Flood - https://en.wikipedia.org/wiki/Flood - Diakses tanggal 28 Februari 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »