Contoh Analytical Exposition Text Singkat Tentang Narkoba

Selamat malam adik-adik. Sambil menemani waktu istirahatmu, Kak Dikta ingin menampilkan contoh Analytical Exposition text singkat tentang Narkoba. Karena ini merupakan contoh Analytical Exposition ke-empat yang kakak sediakan di blog ini, maka kakak yakin banget deh adik-adik semua sudah sangat familiar dengan pengertian serta generic structure Analytical Exposition text. Tapi jika kamu merasa perlu mempelajarinya lagi, silahkan langsung klik link di atas ya.

Contoh Analytical Exposition text tentang Narkoba ini sengaja kakak buat karena kakak percaya tema ini penting untuk menjadi perhatian kita semua. Begitu pesatnya perkembangan bisnis haram narkoba menuntut kita semua untuk peka terhadap informasi terkait hal ini agar kita masing-masing bisa melakukan perlindungan diri setiap saat. Melalui contoh Analytical Exposition text singkat kali ini, kakak berharap bisa memberikan sekilas informasi yang perlu adik-adik ketahui tentang betapa besarnya bahaya dari narkoba. Silahkan baca selengkapnya dalam teks di bawah ini. – KakDikta.blogspot.com

Analytical Exposition Text About Drugs
Google Image - Contoh Analytical Exposition Text Singkat Tentang Narkoba

Contoh Analytical Exposition Text Tentang Narkoba

Narkoba merupakan ancaman yang sangat ganas terutama bagi generasi muda. Begitu banyak anak muda dari berbagai tingkat usia terjerumus ke dalam lingkaran hitam ini. Baik secara sengaja maupun secara tak sengaja, dampak kehancuran yang ditimbulkan oleh narkoba terhadap setiap orang yang pernah bersentuhan dengannya sangatlah nyata, bahkan bisa dibilang sebuah jaminan yang pasti. Contoh Analytical Exposition text kali ini akan membahas tentang narkoba yang menurut pendapat penulis merupakan tiket menuju kehancuran.

Drugs: A Ticket To Destructions (Narkoba: Sebuah Tiket Menuju Kehancuran)
Nowadays, there are so many teenagers who became active drugs users. Some of them willingly choose to try on some drugs because they believe that somehow drugs are the key to their happiness. This is so unfortunate because as much as they believe that using drugs brings happiness to their life and helps them to forget all their problem in life, but I personally believe that drugs is actually a ticket to our own destructions.
Firstly, drugs cause hormonal imbalance within the body of the users. One of the examples is the effect of cocaine towards the level of dopamine in humans’ brain. When someone uses cocaine, his or her brain will be flooded by dopamine. This chemical process makes them feel happy for no reason. This is the reason why once someone tried drugs, they will have a tendency to use it again in the future because they want to re-experience the sensation. The more often someone takes this drug, the stronger the brain will record this condition as normal level of dopamine in the brain. This condition may lead to some serious illnesses such as Skizofrenia and Parkinson, as both of these illnesses relate with dopamine level in the brain. When the brain is flooded by dopamine, someone will experience Skizofrenia but when the brain lack of dopamine, someone will experience Parkinson.
Secondly, drugs may lead its users to commit some serious crime such as robbery and theft. Chemical substances in a drug have a way to cause addiction in its users’ body. It means that once someone takes drugs, he or she would start to ask for more. The problem appears when they don’t have enough money to buy some additional supply. They cannot just sit tight and do nothing, because their body is the one asking for more, so even though their mind telling them to stop but the urge to get this dangerous substance into their system is just unbearable. The only way to solve this is to find a shortcut to get some money, such as stealing, robbing or even by becoming a prostitute, so that they will be able to buy the drugs.
Thirdly, there is no returning to your hundred percent self after you take a drug. There are so many destructive compound used in a drug. Once we take it, it will start destroying our body internally. Although we decided to stop using drugs, the damage in our internal organs remains there forever. So we cannot just go back to the way we were before we use the drugs.
It is clear to us now that there are so many bad effect of using drugs. We can simply destroy our present and our future with it as it will poison our body and also change us psychologically. That is the reason why I believe that taking drugs is the same as buying yourself a ticket to your own destructions.

Terjemahan Contoh Analytical Exposition Text Tentang Narkoba

Narkoba: Sebuah Tiket Menuju Kehancuran
Saat ini, ada begitu banyak remaja yang menjadi pengguna aktif narkoba. Beberapa dari mereka secara sukarela memilih untuk mencoba narkoba karena mereka percaya bahwa narkoba merupakan kunci menuju kebahagiaan mereka. Hal ini sangat disayangkan karena meski sejauh apapun mereka percaya bahwa menggunakan narkoa membawa kebahagiaan kedalam hidup mereka dan membantu mereka melupakan semua masalah dalam hidup mereka, namun saya pribadi percaya bahwa narkoba sebenarnya merupakan sebuah tiket menuju kehancuran kita sendiri.
Pertama, narkoba menyebabkan ketidakseimbangan hormone di dalam tubuh pengguna. Salah satu contoh adalah efek dari kokain terhadap tingkat dopamine dalam otak manusia. Saat seseorang menggunakan kokain, otaknya akan dibanjiri oleh dopamine. Proses kimia ini membuat mereka merasa bahagia tanpa alasan apapun. Inilah alasan mengapa saat seseorang sudah mencoba narkoba sekali, mereka akan memiliki kecenderungan untuk menggunakannya lagi di kemudian hari karena mereka ingin mengalami lagi sensasi tersebut. Semakin sering seseorang menggunakan obat ini, semakin kuat otak akan merekam kondisi ini sebagai tingkatan dopamine yang normal di otak. Kondisi ini dapat mengarah pada beberapa penyakit yang serius seperti Skizofrenia dan Parkinson, karena kedua penyakit tersebut terkait dengan tingkatan dopamine di otak. Saat otak dibanjiri oleh dopamine, seseorang akan mengalami Skizofrenia namun saat otak kekurangan dopamine, orang tersebut akan mengalami Parkinson.
Kedua, narkoba memiliki peluang untuk menuntun penggunanya untuk melakukan tindakan kriminal yang serius seperti perampokan dan pencurian. Unsure kimiawi dalam sebuah narkoba memiliki cara tersendiri untuk menyebabkan kecanduan pada tubuh penggunanya. Hal ini berarti sekali saja seseorang mencoba narkoba, maka ia akan mulai meminta lagi. Masalahnya muncul ketika mereka tidak punya cukup uang untuk membeli persediaan tambahan. Mereka tidak bisa duduk saja tanpa melakukan apa-apa, karena tubuh merekalah yang menginginkan obat tersebut, jadi meskipun pikiran mereka mengatakan untuk berhenti namun hasrat untuk memasukkan bahan berbahaya ini kedalam tubuh mereka benar-benar tak tertahankan. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencari jalan pintas untuk mendapatkan uang, seperti misalnya mencuri, merampok atau bahkan dengan menjadi pelacur, agar mereka bisa membeli obat tersebut.
Ketiga, merupakan hal yang tidak mungkin untuk kembali pada versi seratus persen diri kita setelah anda menggunakan narkoba. Terdapat begitu banyak senyawa yang bersifat merusak digunakan dalam sebuah narkoba. Sekali saja kita menggunakannya, obat itu akan mulai merusak tubuh kita dari dalam. Meski kita memutuskan untuk berhenti menggunakan narkoba, kerusakan pada organ dalam kita tetap tinggal selamanya. Jadi kita tidak bisa begitu saja kembali pada diri kita yang dulu sebelum kita menggunakan narkoba.
Sudah jelas bagi kita bahwa ada begitu banyak efek buruk dari penggunaan narkoba. Kita bisa menghancurkan masa kini dan masa depan kita dengan narkoba karena hal itu akan meracuni tubuh kita serta merubah kita secara psikologis. Itulah alasannya mengapa saya yakin bahwa menggunakan narkoba itu sama saja seperti membelikan diri kita sebuah tiket menuju kehancuran diri kita sendiri.

Seperti itulah sobat contoh Analytical Exposition text tentang Narkoba, mudah-mudahan bermanfaat. Jika sobat dan adik-adik pengunjung sedang ingin membuat sebuah Analytical Exposition tentang narkoba, kamu bisa menggunakan informasi yang ada dalam tulisan kali ini sebagai referensi mu dalam mengembangkan tulisanmu. Terimakasih atas kunjunganmu kali ini, semoga kita masih punya kesempatan untuk berjumpa lagi dalam artikel berikutnya. Jika masih ada waktu, silahkan lanjutkan dengan membaca Contoh Analytical Exposition Singkat Tentang Full Day School.

Referensi:
  1. 10 Fakta tentang Hormon Dopamin - https://www.alodokter.com/10-fakta-tentang-hormon-dopamin - Diakses tanggal 26 Maret 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »