Contoh Analytical Exposition Text Singkat Tentang Korupsi

Contoh Analytical Exposition tentang korupsi kali ini merupakan contoh ke-lima dari teks berjenis Analytical Exposition yang sudah kakak sediakan di blog sederhana ini. Bagi adik-adik dan sobat pengunjung setia blog Kak Dikta, saat ini kamu pasti sudah semakin mengerti seperti apa sebuah teks Analytical Exposition itu. Bahkan kakak juga percaya bahwa saat ini adik-adik dan sobat pengunjung semua tentu sudah mulai terlatih untuk membuat contoh Analytical Exposition text sendiri di rumah.

Contoh Analytical Exposition text singkat tentang Korupsi kali ini akan menjadi wadah bagi kakak untuk mengekspresikan opini dan argumen kakak tentang korupsi. Kita semua tentu sudah sangat sering mendengar istilah ini di televisi ya, karena permasalahan korupsi merupakan virus yang telah masuk ke berbagai tempat mulai dari sekolah, perusahaan, hingga institusi pemerintah. Kita semua tentu gerah dengan kasus korupsi yang tak kunjung usai di negeri ini. Semoga saja, dengan adanya contoh Analytical Exposition text kali ini, akan semakin banyak orang yang peduli dengan isu korupsi di negara kita dan mungkin dapat menjadi awal dari pemberantasan korupsi secara menyeluruh. – KakDikta.blogspot.com

Analytical Exposition About Corruption
Google Image - Contoh Analytical Exposition Text Singkat Tentang Korupsi

Contoh Analytical Exposition Tentang Korupsi

Korupsi menurut saya bisa dianggap sebagai akar dari berbagai permasalahan di negeri ini. Seandainya tidak ada orang yang melakukan tindak pidana korupsi, tentulah kehidupan di negara kita akan jauh lebih maju. Contoh Analytical Exposition kali ini akan membahas tentang korupsi beserta penilaian saya mengapa hal ini saya anggap sebagai akar permasalahan di negara kita.

Corruption: The Root of Every Problem (Korupsi: Akar Dari Setiap Masalah)
Corruption is one of major problems in our country. Although we may not hear about corruption case every day in television, but I personally think that it is actually the root of almost every problem in Indonesia. Having a better understanding about it is a necessity for all of us if we want to have betterment in our life.
Firstly, corruption is one of the reasons of economic problem in Indonesia. By nature, Indonesia should never be in an economic problem. Economic problem arise when a country or a society lack of resources but they are high in demand or needs. Indonesia with its abundant resources should never experience this problem, but the fact says otherwise. Corruption is the reason behind this. The resources that supposed to be more than enough to build this country and to make the people live in prosperity become so much less than enough because some irresponsible people take this resource illegally for their own benefit. As the result price goes up and the society couldn’t afford their daily needs, and economic problem started.
Secondly, corruption is the reason why our government system is so dirty. We all realize that it is very difficult for the society to decide a good and capable person to sit in the council chair. Nowadays, anyone can be a council as long as they have enough money to buy vote. How can we expect to get a credible council as our representatives in the government system if anyone, regardless their background of life and education, can sit on the chair? Besides, what do you expect someone who bought their way in to the government system to do? Do you really expect them to do their job responsibly? I believe we cannot rely on that.
Thirdly, corruption actually threatens our justice system. The existence of corrupt individuals within our society opens up a chance for anyone who has money to do almost anything that they want. It includes bribing our justice system. This condition undermines the justice system in our country until one day there is no more justice in our country. We can only imagine how many criminals will be able to walk free from their trials just because they have the ability to control the justice system one day.
We know that corruption is not the only problem that this country has to fix. But my illustration above has shown us a glimpse of chain reaction caused by corruption which makes it to be the source of every problem mentioned above. That is the reason why I believe that corruption is the root of a lot of problem in our country.

Terjemahan Contoh Analytical Exposition Tentang Korupsi

Korupsi: Akar Dari Setiap Masalah
Korupsi merupakan salah satu masalah besar di negara kita. Meski mungkin kita tidak mendengar tentang kasus korupsi setiap hari di televisi, namun saya pribadi berpikir bahwa hal itu sebenarnya merupakan akar dari hampir setiap masalah di Indonesia. Memiliki pemahaman yang lebih baik akan hal ini merupakan sebuah kebutuhan bagi kita semua jika kita ingin mendapatkan perbaikan dalam hidup kita.
Pertama, korupsi adalah salah satu penyebab dari masalah ekonomi di Indonesia. Secara alami, Indonesia seharusnya tidak pernah berada dalam permasalahan ekonomi. Permasalahan ekonomi muncul ketika sebuah negara atau suatu masyarakat kekurangan sumber daya namun memiliki tuntutan atau kebutuhan yang tinggi. Indonesia dengan sumber dayanya yang berlimpah seharusnya tidak pernah mengalami masalah ini, namun fakta berbicara sebaliknya. Korupsi adalah alasan di baliknya. Sumber daya yang seharusnya lebih dari cukup untuk membangun negara ini dan membuat masyarakat hidup dalam kemakmuran menjadi jauh dari cukup karena beberapa orang tak bertanggung jawab mengambil sumber daya ini secara ilegal untuk keuntungan pribadi mereka sendiri. Sebagai akibatnya, harga pun naik dan masyarakat tak mampu membeli kebutuhan harian mereka, dan masalah ekonomi pun dimulai.
Kedua, korupsi adalah alasan mengapa sistem pemerintahan kita sangat kotor. Kita semua menyadari bahwa sangat sulit bagi masyarakat untuk menentukan seorang yang baik dan memiliki kemampuan untuk duduk di kursi dewan. Saat ini, siapa pun bisa menjadi seorang dewan selama mereka memiliki uang yang cukup untuk membeli suara. Bagaimana bisa kita mengharapkan seorang dewan yang kredibel sebagai perwakilan kita dalam sistem pemerintahan jika siapa pun, terlepas dari latar belakang kehidupan dan pendidikan nya, bisa duduk di kursi tersebut? Selain itu, apa yang anda harap seorang yang membeli jalan masuknya ke dalam sistem pemerintahan akan lakukan? Apa anda benar-benar mengharapkan mereka melakukan pekerjaan mereka dengan penuh tanggung jawab? Saya yakin kita tidak bisa bergantung pada hal itu.
Ketiga, korupsi sebenarnya mengancam sistem keadilan (hukum) kita. Keberadaan orang-orang korup dalam masyarakat kita membuka peluang bagi siapa pun yang memiliki uang untuk melakukan hampir semua hal yang mereka mau. Hal itu termasuk menyuap sistem hukum kita. Kondisi ini menggerogoti sistem hukum di negara kita hingga suatu hari nanti tidak ada lagi keadilan di negara kita. Kita hanya bisa membayangkan berapa banyak kriminal yang akan bisa berjalan bebas dari persidangan mereka hanya karena mereka memiliki kemampuan untuk mengendalikan sistem peradilan suatu hari nanti.
Kita tau bahwa korupsi bukanlah satu-satu nya masalah yang harus diselesaikan oleh negara ini. Namun ilustrasi saya di atas telah menunjukkan sekilas pada kita akan reaksi berantai yang disebabkan oleh korupsi yang membuatnya menjadi sumber dari setiap permasalahan yang disebutkan di atas. Itulah alasannya mengapa saya percaya bahwa korupsi adalah akar dari begitu banyak masalah di negara kita.

Itulah tadi contoh Analytical Exposition text tentang korupsi yang kakak siapkan khusus untuk kamu. Kak Dikta harap adik-adik bisa belajar banyak ya dari tulisan kakak di atas, khususnya pengetahuan seputar Bahasa Inggris. Terimakasih sudah membaca tulisan kali ini hingga selesai, silahkan tinggalkan komentar di bawah jika kamu merasa artikel kali ini bermanfaat bagimu. Sampai ketemu lagi dan silahkan baca juga Contoh Analytical Exposition Text Singkat Tentang Narkoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »