Contoh Discussion Text Singkat Tentang Social Media

Contoh Discussion Text tentang Social Media yang kakak siapkan di bawah ini merupakan contoh ke lima dari jenis teks Discussion yang ada di blog ini. Di dalamnya, tentu kakak akan membahas tentang berbagai macam Social Media yang ada saat ini seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Ask.fm serta tak ketinggalan LinkedIn. Bagi kamu penggemar media sosial yang kakak sebutkan di atas, tentu kamu akan lebih mudah untuk memahami isi Discussion Text kali ini.

Jika ini merupakan kali pertama untukmu mempelajari Discussion Text dalam Bahasa Inggris, cobalah mengawalinya dengan membaca pengertian serta generic structure Discussion Text terlebih dahulu. Baru kemudian adik-adik bisa kembali lagi ke halaman ini dan membaca contoh Discussion Text yang sudah kakak sediakan. Tapi jika adik-adik ingin tetap pada halaman ini saja, maka secara singkat Discussion Text adalah jenis teks yang di dalamnya terdapat semacam perdebatan pendapat mengenai suatu hal. Dengan begitu akan selalu ada pro dan kontra dalam sebuah Discussion Text. Sekarang, yuk langsung saja kita lihat selengkapnya contoh Discussion Text tentang Social Media berikut ini. – KakDikta.blogspot.com

Contoh Discussion Text About Social Media On The Internet
Google Image - Contoh Discussion Text Singkat Tentang Social Media

Contoh Discussion Text Tentang Social Media

Social Media kini menjadi lebih dari sekedar cara berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Arus informasi terbaru pun kini begitu cepat menyebar melalui Social Media. Inilah yang terkadang menimbulkan pertanyaan di benak sebagian penggunanya, apakah Social Media benar benar hanya membawa dampak positif bagi penggunanya? Ataukah ada dampak negatif yang sedang menunggu di belakangnya. Contoh Discussion Text kali ini akan mencoba memberikan sudut pandang baru dari sisi pro dan kontra terhadap Social Media dengan harapan bisa menjadi pengetahuan baru bagi pembaca semua yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan ketika ingin memanfaatkan Social Media nantinya.

The Pros and Cons of Social Media (Sisi Pro dan Kontra Media Sosial)
Just like the name, social media is a tool on the internet that you can use to keep in touch with your social circle. It is also a place for you to share anything about your social life. There are so many kinds of social media such as Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Ask.fm and also LinkedIn. Each of them has its own unique feature and functions. Society, especially teenager, is now clinging tightly to social media. It is through social media that they receive an update about the world and it is on social media they currently build their life and career. This condition creates a huge change in the society. Regardless of whether or not this change is good, some people are actually concern about this matter and start to think of the pros and cons of social media thoroughly.
There is no doubt about the benefit of using social media. The simplicity that we experience to keep in touch with our friends or relatives is definitely so precious. More importantly, as it links every users through the internet, its coverage is worldwide which means we can still connect to our beloved ones even though he or she is currently in a holiday in another country. And the best part is, it doesn’t take any additional cost. It is completely free. Just imagine how much money that we can save from this feature only.
Stream of information is another huge advantage of social media. With the development of social media, it is now more than just a tool to communicate with someone. There are so many accounts, such as on Instagram and Twitter, who post some up-to-date news on daily basis. This way, all active users of social media will be able to keep up with the news of the world.
Social media also provides opportunities for a lot of people to make a living. It is a common knowledge that nowadays there are a lot of people making actual income through social media by becoming a superstar on it such as Instagram celebrity or Vlogger on YouTube. Besides, a professionals social media such as LinkedIn allow its users to build a social profile and connect it with companies around the world who might required their talents and services. It means that social media open up various opportunities for a lot of people to make a living through it.
In the other side, with all amazing features that a social media has, it can also be considered as too attractive that it can lead to something negative at the end. It is no longer a secret that nowadays our young generations have a very strong attachment toward social media. They spend hours in a day just to keep scrolling on their Smartphone screen checking new feeds on their social media account. Some of them even cannot live a day without it. This level of addiction can be dangerous for them, because they may have wasted hours of their precious time without they even realize which may cost them their health.
Additionally, some recent research on social media found out that social media have negative effect on mental health of teenagers. One of the most common effects is the FOMO syndrome. FOMO syndrome stands for “Fear Of Missing Out” which means that someone has the anxiety of being left behind and not knowing the latest update of anything around them. This condition keeps their brain in alert mode almost all the time which will affect their physical health at the end. It is proven by the research from the University of Pittsburgh School of Medicine which show us that teenagers who spend most of their time on social media are more likely to experience sleeping problem and depression.
Social media may have its benefit for its users but if the users are not smart enough to protect themselves, social media can also be dangerous for them. As the users of social media, we need to consider our action when we want to use it, because no matter what happen at the end, social media is merely a tool, we are the one who have control over it.

Terjemahan Contoh Discussion Text Tentang Social Media

Sisi Pro dan Kontra Media Sosial
Sesuai dengan namanya, social media adalah sebuah alat yang ada di internet yang bisa anda gunakan untuk tetap berhubungan dengan lingkaran sosial anda. Hal itu juga merupakan sebuah wadah bagi anda untuk berbagi apapun tentang kehidupan sosial anda. Terdapat begitu banyak macam social media seperti misalnya Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Ask.fm dan juga LinkedIn. Masing-masing dari mereka memiliki fitur dan fungsi unik nya sendiri. Masyarakat, khususnya remaja, saat ini melekat erat dengan social media. Melalui social media lah mereka menerima berita perkembangan tentang dunia dan di social media lah mereka saat ini membangun hidup dan karir mereka. Kondisi ini menciptakan sebuah perubahan besar di masyarakat. Terlepas dari apakah perubahan ini baik atau tidak, sebagian orang benar-benar memperdulikan hal ini dan mulai berpikir akan pro dan kontra dari social media secara menyeluruh.
Tidak ada keraguan akan manfaat dari penggunaan social media. Kesederhanaan yang kita rasakan dalam menjaga hubungan dengan teman-teman dan keluarga kita tentu sangatlah berharga. Terlebih lagi, karena itu menghubungkan setiap pengguna melalui internet, cakupannya itu mencapai seluruh dunia yang berarti bahwa kita masih tetap bisa terhubung dengan orang yang kita cintai meski dia saat ini sedang berlibur di negara lain. Dan bagian terbaiknya adalah, itu tidak membutuhkan biaya tambahan. Hal itu sepenuhnya gratis. Bayangkan saja berapa banyak uang yang bisa kita hemat dengan fitur ini saja.
Arus informasi merupakan manfaat besar lainnya dari social media. Dengan perkembangan social media, kini ia lebih dari sekedar sebuah alat untuk berkomunikasi dengan seseorang. Ada begitu banyak akun, seperti misalnya di Instagram dan Twitter, yang menerbitkan beberapa berita terkini setiap harinya. Dengan begini, semua pengguna aktif dari social media akan tetap bisa mengikuti berita dunia.
Social media juga menyediakan kesempatan bagi banyak orang untuk mencari nafkah. Merupakan pengetahuan umum bahwa saat ini ada banyak orang menghasilkan penghasilan nyata melalui social media dengan jalan menjadi superstar di media tersebut seperti selebriti Instagram atau Vlogger di YouTube. Selain itu, sebuah social media professional seperti LinkedIn memungkinkan penggunanya untuk membangun profil sosial dan menghubungkannya dengan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia yang mungkin membutuhkan bakat dan jasa mereka. Hal ini berarti social media membuka berbagai macam kesempatan bagi banyak orang untuk mencari nafkah melalui nya.
Di sisi lain, dengan semua fitur luar biasa yang dimiliki sebuah social media, ia juga bisa menjadi terlalu menarik hingga ia mengarah pada suatu hal yang negatip pada akhirnya. Sudah bukan merupakan rahasia lagi bahwa pada saat ini generasi muda kita memiliki kerekatan yang kuat terhadap social media. Mereka menghabiskan berjam-jam dalam satu hari hanya untuk terus menggulirkan layar Smartphone milik mereka memeriksa umpan baru pada akun social media mereka. Beberapa diantara mereka bahkan tidak bisa hidup sehari tanpa itu. Tingkat ketagihan ini bisa berbahaya bagi mereka, karena mereka mungkin telah membuang berjam-jam waktu berharga mereka tanpa mereka sadari yang mungkin akan merugikan kesehatan mereka.
Sebagai tambahan, beberapa penelitian terbaru akan social media menemukan bahwa social media memiliki efek negatip terhadap kesehatan jiwa para remaja. Salah satu efek yang paling umum adalah sindrom FOMO. Sindrom FOMO merupakan singkatan dari “Fear Of Missing Out” yang artinya seseorang yang memiliki kekhawatiran akan ketinggalan dan tidak mengetahui perkembangan terbaru tentang apapun di sekitar mereka. Kondisi ini membuat otak mereka tetap berada dalam mode siaga hampir di setiap saat yang akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik mereka pada akhirnya. Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari the University of Pittsburgh School of Medicine yang menunjukkan pada kita bahwa remaja yang menghabiskan sebagian besar waktunya di social media lebih mungkin mengalami masalah tidur dan depresi.
Social media memiliki manfaatnya sendiri bagi penggunanya, namun bila pengguna nya tidak cukup pintar untuk melindungi diri mereka sendiri, social media bisa juga menjadi hal yang berbahaya bagi mereka. Sebagai pengguna social media, kita perlu mempertimbangkan tindakan kita saat kita ingin menggunakannya, karena apapun yang terjadi di akhir nanti, social media hanyalah sekedar alat, kita lah yang memiliki control terhadapnya.

Seperti itulah adik-adik contoh Discussion Text tentang Social Media, mudah-mudahan bermanfaat ya. Terimakasih sudah membaca tulisan Kak Dikta kali ini hingga akhir, silahkan lanjutkan dengan membaca artikel menarik lainnya yang tersedia di blog ini. Jangan lupa baca juga Contoh Discussion Text Tentang Televisi Dan Terjemahannya yang sudah lebih dulu kakak terbitkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
March 17, 2019 at 7:21 AM delete

Terimakasih kak saya jadi mengerti tentang contoh diskusi teks tentang sosial media. Lanjut kak...

Reply
avatar