Contoh Discussion Text Tentang Televisi Dan Terjemahannya

Hai adik-adik, sore ini kakak akan menampilkan sebuah contoh Discussion Text tentang televisi beserta terjemahannya. Sebelum Kak Dikta menyajikan contoh teks nya, kakak mau Tanya dulu nih, kamu sudah tau belum sih seperti apa bentuknya sebuah Discussion Text itu? Jika belum, sepertinya kamu perlu membaca penjelasan tentang pengertian Discussion Text terlebih dahulu deh. Karena jika kamu tidak tau apa yang dimaksud dengan Discussion Text dalam Bahasa Inggris, maka contoh yang akan kakak sajikan mungkin tidak akan terlihat ciri khas nya dan bisa saja jadi kamu anggap sama dengan jenis teks lainnya.

Secara singkat, Discussion Text adalah jenis teks yang berisi argumen dan membahas sebuah tema atau isu dari sisi pro dan kontra. Jadi misalnya kita kaitkan dengan judul artikel kali ini, maka dalam contoh Discussion Text di bawah ini, kita akan membahas sisi pro dan kontra tentang televisi. Jika misalnya kamu yang sedang membuat teks Discussion tentang televisi ini, kamu boleh saja menampilkan satu sisi pendapat yang menganggap televisi itu membawa dampak buruk dan satu sisi pendapat lain yang menganggap televisi itu membawa dampak baik. Hal yang perlu di perhatikan adalah, pendapat dari kedua sisi “Pros and Cons” atau pro kontra harus ada di dalam sebuah contoh Discussion Text. – KakDikta.blogspot.com

Contoh Discussion Text About Television
Google Image - Contoh Discussion Text Tentang Televisi Dan Terjemahannya

Contoh Discussion Text Tentang Televisi

Televisi merupakan media penyebar informasi yang bisa dibilang paling umum digunakan di masyarakat. Setiap hari, hampir semua orang menyempatkan diri untuk sekedar menonton TV selama lima menit, baik untuk mendapat informasi terbaru yang terjadi di sekitar mereka maupun sekedar mencari hiburan. Namun saat ini semakin banyak orang yang mulai mengurangi waktu menonton TV dikarenakan banyak yang merasa tayangan di Televisi saat ini cenderung “tidak mendidik” dan bahkan dikategorikan “berbahaya” untuk di saksikan terutama oleh anak-anak. Contoh Discussion Text kali ini akan menyajikan tentang pro kontra bahaya tayangan Televisi bagi penonton.

Television Brings More Harm Than Good (Televisi Membawa Lebih Banyak Bahaya Daripada Kebaikan)
Television is a means to share any information in the form of on-screen broadcast. Nowadays, we actually have other medium similar to television such as YouTube which we can access through the internet, but there is a slight difference between the two of them. The difference is in terms of audience control towards the show presented on their screen. In an online media such as YouTube, the audience can be considered as a more active user compare to the time when they watch television. The reason is because on YouTube, users can specifically search certain information or show that they want to watch. Meanwhile, on TV, the user cannot do the same. They can only sit there and try to enjoy anything that the TV channel provides for them. This condition has triggered a major discussion whether TV brings more harm than good or not, especially with current situation where most of the TV shows contain “dangerous” materials such as violence, adult content and sometimes sensitive materials related to certain ethnic, race or religion.
Watching TV can be dangerous for certain audience. Some of the TV shows can actually bring disadvantage to children. It is possible to happen because children do not really understand of how to separate the good and the bad from anything that they see or hear. So, when they hear someone is using “bad words”, they have a chance to just imitate it without even knowing that they actually shouldn’t. Televisions do not only have a chance to expose them with negative material in the form of auditory content but also visual content in the same time. The worst part of it is that the children do not actually choose to watch the show, they do so just because they happen to click the channel in the “right time”.
Besides, even though the audience is no longer under age as I mentioned above, but we all realize that not all grown up people is actually mature and well educated. As a matter of fact, there has been a long line of prove that some people commit violence as their reaction toward some sensitive information that they heard from TV or any other media. This shows us that somehow TV may trigger problem in the society and this is something that the television company should realize before they broadcasting anything on their channel.
On the other side, television is still the main source for most people to get recent information about a lot of things. Although the internet is everywhere at current moment, but the role of television in the society still cannot be replaced. Some people, especially senior citizen, rely on television so much to get the latest news of the world and also to get some entertainment. It is true that young generations barely watch TV right now, but for the elderly it is irreplaceable.
Additionally, television is still the most reliable source of information available for us. Whatever the channel is, it is owned by a legitimate company authorized by our government. There will always be some stages of quality control before an information is released on screen. It is slightly different with information that we can find online, most of them are published by individual without any authorization from anyone. It means that the reliability is questionable.
We all have realized about the advantages and also disadvantages of television in our life. We also realize that it is not like we can just decide to shut a television company down just because we think that the show that it provide is not good. All we can do now is to take the discussion above as consideration to decide our action.

Terjemahan Contoh Discussion Text Tentang Televisi

Televisi Membawa Lebih Banyak Bahaya Daripada Kebaikan
Televisi adalah sebuah sarana untuk membagikan berbagai informasi dalam bentuk siaran di layar. Saat ini, kita sebenarnya mempunyai media lain yang mirip dengan televise seperti misalnya YouTube yang bisa kita akses melalui internet, namun terdapat perbedaan tipis antara keduanya. Perbedaan itu terletak pada kontrol penonton terhadap acara yang ditayangkan di layar mereka. Pada sebuah media online seperti YouTube, penonton bisa dianggap sebagai pengguna yang lebih aktif dibandingkan dengan saat mereka menonton televise. Alasannya adalah karena di YouTube, pengguna bisa mencari secara khusus informasi atau acara yang ingin mereka saksikan. Sementara, di TV, pengguna tidak bisa melakukan hal yang sama. Mereka hanya bisa duduk dan mencoba menikmati apapun yang disediakan saluran TV tersebut bagi mereka. Kondisi ini telah memicu sebuah diskusi yang besar akan apakah TV membawa lebih banyak dampak buruk dibandingkan dampak baik atau tidak, khususnya dengan situasi saat ini dimana sebagian besar acara TV mengandung materi “berbahaya” seperti kekerasan, konten dewasa dan terkadang materi sensitive yang berkaitan dengan etnik, ras, atau agama tertentu.
Menonton TV bisa berbahaya bagi penonton tertentu. Beberapa acara TV bisa benar-benar membawa ampak buruk bagi anak-anak. Hal ini mungkin terjadi karena anak-anak tidak begitu mengerti cara membedakan hal baik dan buruk dari apa yang mereka lihat atau dengar. Jadi, saat mereka mendengar seseorang menggunakan “kata-kata kasar”, mereka memiliki kesempatan untuk langsung menirunya saja tanpa pernah tau bahwa mereka tidak seharusnya begitu. Televisi tidak hanya memiliki kesempatan untuk menyentuh mereka dengan materi negative dalam bentuk konten suara saja namun juga konten visual disaat yang bersamaan. Bagian terburuk dari hal ini adalah bahwa anak-anak itu tidak memilih untuk menyaksikan acara tersebut, mereka menontonya hanya karena mereka kebetulan memencet saluran tersebut di “saat yang tepat”.
Selain itu, meskipun penonton tersebut sudah tidak di bawah umur seperti yang saya sebutkan di atas, namun kita semua menyadari bahwa tidak semua orang dewasa benar-benar dewasa dan terdidik dengan baik. Sebagai bukti, telah ada barisan panjang bukti bahwa sebagian orang melakukan kekerasan sebagai reaksi mereka terhadap beberapa informasi sensitive yang mereka dengar dari TV atau media lainnya. Hal ini menunjukkan pada kita bahwa dengan suatu cara TV mampu memicu masalah di masyarakat dan ini merupakan sesuatu yang seharusnya disadari oleh perusahaan televise sebelum mereka menyiarkan sesuatu di saluran mereka.
Di sisi lain, televise masih merupakan sumber utama bagi sebagian besar orang untuk memperoleh informasi terbaru tentang banyak hal. Meskipun internet sudah ada di mana-mana pada saat ini, namun peran televisi di masyarakat masih tidak bisa digantikan. Sebagian orang, khususnya warga yang sudah berusia tua, begitu bergantung pada televisi untuk mendapatkan berita terbaru tentang dunia dan juga untuk mendapatkan sedikit hiburan. Sangat benar bahwa generasi muda hampir tidak pernah menonton TV saat ini, namun bagi para orang tua hal ini tidak tergantikan.
Selain itu, televisi masih merupakan sumber informasi yang paling terpercaya yang ada bagi kita. Apapun salurannya, ia dimiliki oleh perusahaan yang sah yang disahkan oleh pemerintah kita. Akan selalu ada beberapa tahapan kontrol kualitas sebelum sebuah informasi di tayangkan di layar. Hal ini sedikit berbeda dengan informasi yang bisa kita temukan online. Sebagian besar dari informasi itu diterbitkan oleh individu tanpa ada pengesahan dari siapapun. Ini berarti reliabilitas nya masih dipertanyakan.
Kita semua telah menyadari tentang keuntungan dan kerugian dari televisi di kehidupan kita. Kita juga menyadari bahwa itu tidaklah mungkin bagi kita untuk langsung memutuskan untuk menutup sebuah perusahaan televisi hanya karena kita berpikir bahwa tayangan yang disediakan olehnya tidak baik. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah menjadikan diskusi di atas sebagai pertimbangan untuk menentukan tindakan kita.

Oke deh adik-adik, selesai sudah contoh Discussion Text tentang Televisi kali ini, mudah mudahan bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah ya. Kak Dikta pamit dulu, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya. Sementara waktu, silahkan baca dulu postingan kakak yang sebelumnya dengan judul Contoh Discussion Text Singkat Tentang Homework Dan Artinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »