Contoh Discussion Text Singkat Tentang Homework Dan Artinya

Halo, selamat datang di blog Kak Dikta. Dalam artikel yang sedang kamu baca ini, kakak menampilkan sebuah contoh Discussion Text tentang Homework beserta terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Contoh Discussion Text singkat kali ini akan membahas seputar “pros and cons of giving Homework to student”. Bagi adik-adik yang baru pertama kali mengenal jenis teks Discussion ini, kakak sarankan kamu memulainya dengan mempelajari pengertian Discussion Text terlebih dahulu, baru kemudian lanjutkan dengan membaca beberapa contohnya.

Contoh Discussion Text about Homework yang kakak tampilkan di bawah ini merupakan bentuk ketertarikan pribadi terhadap kurikulum 2013 yang berlaku di Indonesia saat ini dimana adanya keputusan untuk menghapuskan PR di sekolah. Hal ini memang bukan merupakan topik hangat yang baru saja muncul ke permukaan, namun melalui contoh Discussion Text singkat kali ini, Kak Dikta berharap bisa memberikan bacaan pendek yang informatif dan bermanfaat bagi adik-adik dan sobat pengunjung semua, serta membantu lebih banyak orang untuk lebih kenal dengan informasi-informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia. Yuk langsung saja kita baca selengkapnya contoh Discussion Text berikut ini. – KakDikta.blogspot.com

Contoh Discussion Text Tentang Homework
Google Image - Contoh Discussion Text Singkat Tentang Homework Dan Artinya

Contoh Discussion Text Tentang Homework

Homework dalam Bahasa Indonesia kita kenal dengan istilah PR yang merupakan singkatan dari “pekerjaan rumah”. Ini merupakan bentuk penugasan yang diberikan oleh guru di sekolah untuk dikerjakan oleh siswa saat mereka sudah pulang ke rumah. Salah satu alasan pemberian PR kepada pelajar adalah agar para pelajar tersebut mempelajari ulang materi yang sudah dijelaskan di sekolah dengan harapan pemahaman mereka akan suatu materi menjadi semakin baik. Tapi ternyata tidak semua orang setuju dengan adanya sistem penugasan rumah ini. Perdebatan pun muncul. Melalui contoh Discussion Text singkat berikut ini, kakak ingin berbagi opini yang bisa jadi bahan pertimbangan dari kedua sisi, baik sisi yang mendukung adanya Homework maupun sisi yang tidak mendukung.

Is Homework Necessary? (Apakah PR itu penting?)
Homework is a way for teachers at school to ensure that their students study the material at home. It can be in the form of individual assignment or group assignment. Some people, including the teachers, believe that giving homework is good for the students because they will be forced to read and learn the material at home when they have homework. The problem occur when we bring this case to Indonesia where some people actually against the idea of homework. Some people believe that the school time in Indonesia is more than enough for the students to be exposed with any subject and that the students do not need additional time to study at home. This condition leads us to the question, is homework really necessary?
Some teachers and also some parents believe in the idea of giving homework to the students. They believe that this brings good effect for the students as they will study more about the material which will make them smarter. Besides, some parents are actually more pleased to see their child to read the book rather than spending time watching TV or playing game on their Smartphone. They consider this as a more positive behavior and also beneficial.
In addition, some people believe that somehow homework builds some good characters in student personality. Some of the good characters are discipline and responsibility. All homework has a deadline of submission. This condition is believed to build discipline inside the students, because they will have to keep their punctuality in doing the homework. When the students are already get use to this process, the character of discipline will grow naturally inside them. Sense of responsibility is another character that some people think the students will get when they do the homework from their teachers regularly. They believe it because at the end, the teachers will check the homework and give score to it. Students who expect a good score will do the homework seriously.
On the other hand, some people don’t believe that homework can bring positive impact for the students. They think that homework will only be an additional burden for students which may cause stress. They believe that the students are actually tired after all of their activity at school, and if the teachers give additional assignment in the form of homework, then the students may lose their precious time to take a rest at home. This is definitely not good for the students as they won’t have a balance life. People who against the existence of homework believe in the idea that home is the place for the students to rest and school is the place for them to do their activity.
More importantly, if the school or the teachers think that giving homework to the students is actually necessary to ensure that they understand the material, then there will be a big question on how efficient the teaching learning process in the school actually is. If it has already been effective, then additional time to study at home shouldn’t be a requirement.
Those are some opinion from both side of this ongoing debate about homework. After reading the explanation above, we know that homework can bring positive effect and also negative effect for the students. It totally depends on how you want to see it. So, do you think that homework is necessary?

Terjemahan Contoh Discussion Text Tentang Homework

Apakah PR itu penting?
PR (Pekerjaan Rumah) merupakan cara bagi guru-guru untuk memastikan bahwa siswa mereka mempelajari materi pelajaran di rumah. Kegiatan ini bisa berupa tugas individu atau tugas kelompok. Sebagian orang, termasuk para guru, percaya bahwa memberikan PR itu baik bagi para siswa karena mereka akan dipaksa untuk membaca dan mempelajari materi di rumah saat mereka mendapatkan PR. Masalahnya muncul saat kita bawa kasus ini ke Indonesia dimana sebagian orang benar-benar menentang ide tentang PR. Kondisi ini membawa kita pada pertanyaan, apakah PR itu benar-benar diperlukan?
Sebagian guru dan juga sebagian orang tua percaya pada ide memberikan PR pada siswa. Mereka percaya bahwa hal ini membawa dampak yang baik bagi siswa karena mereka akan belajar lebih jauh tentang suatu materi yang akan membuat mereka lebih pintar. Selain itu, sebagian orang tua juga lebih senang melihat anak mereka membaca buku dibandingkan dengan menghabiskan waktu menonton TV atau bermain game di Smartphone mereka. Mereka menganggap hal ini sebagai prilaku yang lebih positip dan juga bermanfaat.
Sebagai tambahan, sebagian orang tua percaya bahwa dengan suatu cara PR dapat membangun beberapa karakter baik dalam kepribadian siswa. Beberapa dari karakter baik itu adalah disiplin dan rasa tanggung jawab. Semua PR memiliki batas akhir pengumpulan. Keadaan ini diyakini mampu membangun rasa disiplin di dalam diri para siswa, karena mereka harus menjaga ketepatan waktu dalam mengerjakan PR tersebut. Saat para siswa sudah terbiasa dengan proses ini, karakter disiplin akan tumbuh secara alami di dalam diri mereka. Rasa tanggung jawab merupakan karakter baik lainnya yang diyakini oleh sebagian orang akan diperoleh siswa ketika mereka mengerjakan PR dari guru mereka secara teratur. Mereka meyakini hal ini karena pada akhirnya, guru akan memeriksa PR itu dan memberinya nilai. Siswa yang mengharapkan nilai yang baik akan mengerjakan PR itu dengan serius.
Di sisi lain, sebagian orang tidak percaya bahwa PR bisa membawa dampak poitip pada siswa. Mereka pikir PR hanya akan menjadi tambahan beban bagi siswa yang mungkin mengakibatkan tekanan. Mereka percaya bahwa para siswa sebenarnya lelah setelah berbagai aktivitas yang mereka lakukan di sekolah, dan jika guru memberikan tugas tambahan dalam bentuk PR, maka para siswa mungkin akan kehilangan waktu berharga mereka untuk beristirahat di rumah. Hal ini tentu tidak baik bagi para siswa karena mereka tidak akan memiliki kehidupan yang seimbang. Orang-orang yang menentang keberadaan PR percaya pada pemikiran bahwa rumah adalah tempat bagi siswa untuk beristirahat dan sekolah adalah tempat bagi mereka untuk beraktivitas.
Terlebih lagi, jika pihak sekolah atau guru berpikir bahwa memberikan PR pada siswa itu sebenarnya diperlukan untuk memastikan bahwa mereka memahami materi pelajaran, maka aka nada pertanyaan besar akan seberapa efisienkah proses belajar mengajar di sekolah itu sebenarnya. Jika itu telah efektif, maka waktu tambahan untuk belajar di rumah seharusnya tidak menjadi suatu yang diperlukan.
Itulah beberapa pendapat dari kedua sisi berkaitan dengan perdebatan yang sedang berlangsung tentang PR ini. Setelah membaca penjelasan di atas, kita tau bahwa PR bisa membawa dampak positip dan juga negatip bagi siswa. Itu sepenuhnya bergantung pada anda akan bagaimana anda ingin melihatnya. Jadi, apakah anda pikir PR itu benar-benar diperlukan?

Nah adik-adik, itulah tadi contoh Discussion Text singkat tentang Homework dan artinya. Mudah-mudahan isi teks di atas bisa dipahami dengan mudah ya. Oh ya, kalau kamu ada di pihak yang mana nih? Pihak yang Pro terhadap Homework atau pihak yang kontra? Tuliskan pendapat dan alasanmu di kolom komentar ya, supaya teman-teman pengunjung yang lain bisa mendapat sudut pandang baru dengan membaca komentarmu. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan Kak Dikta kali ini, semoga informasi yang ada di dalamnya bermanfaat bagimu. Sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca juga Contoh Discussion Text Singkat Tentang Fast Food Dan Artinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments