Pidato Bahasa Inggris Tentang Teknologi Dan Terjemahannya

Bicara tentang Teknologi di masa sekarang, tentu kita tidak akan jauh-jauh dari internet. Salah satu hal yang sedang gencar dibahas terkait perkembangan teknologi adalah “Revolusi Industri 4.0” atau yang sering kita dengar dengan julukan “Four point O”. Hal inilah yang akan kakak bahas dalam contoh pidato Bahasa Inggris kali ini.

Pidato Bahasa Inggris tentang teknologi yang akan Kak Dikta sajikan di bawah ini adalah hasil karangan kakak sendiri. Jika nanti adik-adik menemukan istilah-istilah yang sulit untuk dipahami, kakak minta maaf ya hehe dan harap bisa dimaklumi. Kakak bukanlah seorang pakar teknologi dan apa yang kakak tuangkan dalam contoh pidato di bawah ini bersumber dari apa yang kakak tau dan pernah baca saja. Jangan lupa, setelah selesai membaca artikel ini, baca juga contoh Pidato Bahasa Inggris lainnya yang sudah kakak sediakan khusus untuk kamu. – KakDikta.blogspot.com

English Speech About Technology
Google Image - Pidato Bahasa Inggris Tentang Teknologi Dan Terjemahannya

Pidato Bahasa Inggris Tentang Teknologi

Saat ini sedang gencar diberitakan bahwa kita sedang berada dalam revolusi industri keempat, atau yang lebih kita kenal dengan istilah “Industry 4.0”. Pertanyaannya, apa sih sebenarnya revolusi 4.0 itu? Sejauh mana dampaknya bagi kita? Dan yang lebih penting lagi apa yang perlu kita persiapkan untuk memasuki era industry 4.0 ini agar kita mampu bertahan dan bersaing di dalamnya. Pidato Bahasa Inggris kali ini akan mengulas sedikit perkenalan tentang revolusi industri 4.0. Hal ini sengaja kakak angkat sebagai tema supaya adik-adik menjadi lebih peka dengan perkembangan informasi saat ini.

How to Survive in Industry 4.0 (Cara Untuk Bertahan dalam Industri 4.0)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
The honorable Dean of Faculty of Engineering,
The honorable Lecturers of Faculty of Engineering,
The honorable Committee, and all beloved participants.
First of all, let us express our gratitude to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life so that we can gather around in this annual speech competition. I would also like to invite you all to recite sholawat to our beloved prophet Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam for the light that he has brought to our life.
Second of all, I would like to thank all people who have devoted their time and energy in the preparation of this event so that it runs perfectly as we experience today.
My name is Purnawan Ginanjar. I’m the representative of Electrical Engineering department. Today, I would like to deliver my speech about “How to Survive in Industry 4.0”.

Ladies and Gentleman,
The world is in a new era. The development of technology has turned complicated process to be a lot simpler. A procedure which used to take hours to finish, now can be done in instant. A work which used to require a lot of hands, only need one hand to push a button now. With technologies that we have right now, a high risk process is made safer and it has higher rate of success. These facts show us that we are living in a better world right now, but are all of them really a breakthrough? Or, are they also a threat?
Industrial revolution 4.0 is all about automation. The idea is to utilize current technology such as Internet of Things, Big Data and Artificial Intelligence, to achieve efficiency in almost everything that we do. A lot of people get the benefit of this, all of us included. Some of you may not realize it but industrial revolution 4.0 has affected your life in daily basis. Take for example; nowadays we can almost do anything by only using our smart phones. We can order lunch by using an application in our phones, we can send important files to other people, and we can even predict the weather or measure our heart rate with it.
Just like two sides of a coin, industrial revolution 4.0 doesn’t only come with its benefit, but also with its threat or in this case we may refer it as challenge. As the technology grow even more sophisticated, many companies turn their conventional factories into Smart Factories in which machines dominate the whole process. Similar case happens in another field of works such as bank or other financial institution, security services, customer services and even agriculture. Every day, more and more parts of the job are taken away by machines and artificial intelligence, making it more difficult for human workers to find their place in it. Economists have predicted that around eight hundred million jobs would be replaced by machines and AI by 2030. This is a serious threat for our generation especially if we don’t prepare ourselves to face it.

Ladies and Gentleman,
The wave of industrial revolution 4.0 is unavoidable. Like it or not, we have to prepare ourselves so that we can fit in and survive this change. So, what now? What do we have to do in order to survive in this industrial revolution? Well, I might have just the right thing for you.
We know that industrial revolution 4.0 happens as the result of technology advancement. If we want to survive in this era we simply need to hold technology in our hands. What does it mean Ladies and Gentleman? Holding the technology in our hands means that we have to master it and also stay up to date with the recent technology advancement. So if you are a student or college student, learn how to use and utilize the current technology that we have start from now. If it is possible, also try to learn about computer programming, because in industrial revolution 4.0, this skill will come in handy in any field of work.
The next thing that you can do to survive in this era is to keep feeding yourself with the latest information related to your line of work. The existence of internet allows you to access any information anytime, make sure to take your time to follow recent news or research related to your work. There are so many opportunities for various jobs available on the internet such as scholarship, training and also competition that you can use to upgrade yourself so that you can be the best in your field of work.
The last but not least, you have to try to utilize the technology to start your own business. In the past few years, there have been so many names rise as successful figure. The interesting part is that they come from various line of work, some of them are YouTubers, Bloggers, content creator in Instagram or other social media, and some others are doing conventional businesses such as selling shoes, food and drinks, and clothes, but they utilize the current trend of technology to support their businesses. The point is, the development of technology can really be useful for us if we know how to use it. This way, we don’t need to worry anymore about the change that will be brought by the industrial revolution 4.0.

Ladies and Gentleman,
Now that we know that the choice is in our hands, I think it is time for all of us to change and have a better preparation in facing the wave of industrial revolution 4.0. We will survive! I know it! We just have to take action, start from now!

I think that’s all from me. I’m sorry for every mistake that I did in my speech. Thank you very much for your attention.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Teknologi

Cara Untuk Bertahan dalam Industri 4.0

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Dekan Fakultas Teknik
Yang terhormat Bapak-Ibu dosen Fakultas Teknik
Yang terhormat panitia, dan semua peserta yang saya sayangi.
Pertama-tama, marilah kita mengungkapkan rasa syukur kita pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkah yang diberikannya dalam hidup kita sehingga kita bisa berkumpul bersama dalam kompetisi pidato tahunan ini. Saya juga ingin mengajak anda semua untuk membacakan sholawat untuk nabi kita tercinta Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam atas cahaya yang telah ia bawa kedalam hidup kita.
Yang kedua, saya juga ingin mengucapkan terimakasih pada semua orang yang telah mencurahkan waktu dan energy nya dalam persiapan acara ini sehingga acara ini dapat berjalan dengan sempurna seperti yang kita rasakan hari ini.
Nama saya adalah Purnawan Ginanjar. Saya perwakilan dari program studi teknik elektro. Hari ini saya ingin menyampaikan pidato saya tentang “Cara Untuk Bertahan dalam Industri 4.0”.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Dunia berada pada zaman yang baru. Perkembangan teknologi telah mengubah proses yang rumit menjadi jauh lebih mudah. Sebuah prosedur yang dahulu membutuhkan waktu berjam-jam untuk selesai, kini dapat diselesaikan dalam sekejap. Suatu pekerjaan yang dahulu membutuhkan banyak tangan, kini hanya membutuhkan satu tangan untuk menekan sebuah tombol. Dengan teknologi yang kita miliki saat ini, suatu proses yang berisiko tinggi dibuat menjadi lebih aman dan memiliki tigkat keberhasilan yang lebih tinggi. Fakta-fakta ini menunjukkan pada kita bahwa kini kita tengah hidup di zaman yang lebih baik, namun apakah semua hal itu merupakan sebuah terobosan? Atau apakah mereka juga sebenarnya merupakan sebuah ancaman?
Revolusi industry 4.0 adalah tentang otomatisasi. Ide utama nya adalah untuk memanfaatkan teknologi yang ada saat ini seperti Internet of Things, Big Data dan juga kecerdasan buatan, untuk mencapai efisiensi dalam hampir segala hal yang kita lakukan. Banyak orang yang mendapatkan manfaat dari hal ini, kita semua juga termasuk. Beberapa dari anda mungkin tidak menyadarinya namun revolusi industry telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari anda. Mari ambil contoh; saat ini kita bisa melakukan hampir semua hal dengan hanya menggunakan smartphone kita. Kita bisa memesan makan siang dengan menggunakan sebuah aplikasi di hape kita, kita bisa mengirimkan file penting pada orang lain, dan kita bahkan bisa memprediksi cuaca atau mengukur detak jantung kita dengan menggunakan hal itu.
Layaknya dua sisi dari sebuah koin, revolusi industry 4.0 tidak hanya datang dengan manfaatnya, namun juga dengan ancaman nya atau dalam hal ini kita bisa menyebutnya dengan tantangan. Seiring teknologi berkembang semakin canggih, banyak perusahaan merubah pabrik konvensional milik mereka menjadi Smart Factory dimana mesin mendominasi keseluruhan proses. Hal yang sama terjadi dalam lapangan pekerjaan yang lain seperti bank atau institusi keuangan lainnya, jasa keamanan, jasa pelayanan dan bahkan pertanian. Setiap hari, semakin banyak bagian dari sebuah pekerjaan diambil alih oleh mesin dan kecerdasan buatan, menjadikannya semakin sulit bagi pekerja manusia untuk menemukan tempat mereka di sana. Pakar ekonomi telah memprediksi bahwa sekitar delapan ratus juta pekerjaan akan digantikan oleh mesin dan AI pada tahun 2030. Ini merupakan ancaman yang serius bagi generasi kita khususnya jika kita tidak mempersiapkan diri kita untuk menghadapi nya.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Gelombang revolusi industry 4.0 tidak dapat dihindari. Suka atau tidak, kita harus mempersiapkan diri kita agar kita bisa menyesuaikan diri dan bertahan dalam perubahan ini. Lalu, bagaimana? Apa yang harus kita lakukan untuk bisa bertahan dalam revolusi industry ini? Tentang itu, saya mungkin punya hal yang anda butuhkan.
Kita tau bahwa revolusi industry 4.0 terjadi sebagai hasil dari perkembangan teknologi. Jika kita ingin bisa bertahan di zaman ini kita hanya perlu menggenggam teknologi di tangan kita. Apa maksudnya ibu-ibu dan bapak-bapak? Menggenggam teknologi di tangan kita berarti bahwa kita harus menguasai nya dan tetap terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Jadi jika anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa, belajarlah cara menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini mulai dari sekarang. Jika memungkinkan, pelajari juga tentang pemrograman komputer, karena di revolusi industry 4.0, kemampuan ini akan sangat berguna dalam lingkup pekerjaan apapun.
Hal berikutnya yang bisa anda lakukan untuk bertahan di zaman ini adalah untuk tetap memperkaya diri anda dengan informasi terbaru terkait bidang pekerjaan anda. Keberadaan internet memungkinkan anda untuk mengakses informasi apapun kapanpun, pastikan bahwa anda meluangkan waktu untuk mengikuti berita atau penelitian terbaru terkait bidang pekerjaan anda. Ada begitu banyak kesempatan bagi beragam pekerjaan tersedia di internet seperti misalnya beasiswa, pelatihan dan juga pertandingan yang bisa anda ikuti untuk meningkatkan kualitas diri anda agar anda bisa jadi yang terbaik dalam bidang pekerjaan anda.
Yang terakhir namun tak kalah pentingnya, anda harus mencoba untuk memanfaatkan teknologi untuk memulai bisnis anda sendiri. Dalam beberapa tahun belakangan ini, telah ada begitu banyak nama muncul sebagai tokoh yang sukses. Bagian menariknya adalah bahwa mereka datang dari berbagai bidang pekerjaan, beberapa dari mereka adalah YouTubers, Bloggers, pembuan konten di Instagram atau media sosial lainnya, dan sebagian yang lain melakukan bisnis konvensional seperti menjual sepatu, makanan dan minuman, pakaian, namun mereka memanfaatkan tren teknologi saat ini untuk mendukung bisnis mereka. Intinya, perkembangan teknologi bisa jadi sangat bermanfaat bagi kita jika kita tau bagaimana cara menggunakannya. Dengan begini, kita tidak perlu lagi khawatir tentang perubahan yang akan dibawa oleh revolusi industry 4.0.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Sekarang saat kita sudah tau bahwa pilihannya ada di tangan kita, saya rasa ini saatnya bagi kita semua untuk berubah dan melakukan persiapan yang lebih baik dalam menghadapi gelombang revolusi industry 4.0. Kita akan bertahan! Saya yakin itu! Kita hanya perlu melakukan tindakan, mulai dari saat ini!

Saya rasa itu saja dari saya. Saya minta maaf atas semua kesalahan yang saya lakukan dalam pidato saya. Terimakasih banyak atas perhatian anda.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Adik-adik, seperti itulah tadi contoh pidato Bahasa Inggris tentang teknologi dan terjemahannya. Kakak harap pidato ini bisa bermanfaat ya bagimu. Terimakasih banyak untuk kunjunganmu hari ini, semoga kamu bisa memperoleh pengetahuan baru dari kunjunganmu di blog Kak Dikta ini. Silahkan lanjutkan dan baca Pidato Bahasa Inggris Tentang Pergaulan Bebas Dan Artinya. Kakak akhiri sampai di sini materi kita kali ini, sampai jumpa di kunjunganmu berikutnya. Jangan lupa, temukan dan klik tombol follow yang ada di bagian kanan bawah blog ini.

Referensi:
  1. Mengenal Lebih Jauh Revolusi Industri 4.0 - http://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/ - Diakses tanggal 27 September 2019
  2. Industry 4.0 career guide: How to avoid being replaced by robots - https://www.thejakartapost.com/life/2018/05/21/industry-4-0-career-guide-how-to-avoid-being-replaced-by-robots-1526880346.html - Diakses tanggal 27 September 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »