Contoh Analytical Exposition Text Tentang Lingkungan Sekolah

Hai adik-adik, kali ini Kak Dikta akan menampilkan contoh Analytical Exposition text tentang lingkungan sekolah. Tema ini menurut kakak sangat menarik untuk dibahas karena berkaitan erat dengan aktivitas kalian sebagai pelajar. Dari hari Senin hingga Jumat adik-adik semua menghabiskan sebagian besar waktu di sekolah. Kepedulian terhadap lingkungan sekolah, terutama kondisi kebersihan sekolah, menjadi hal yang sangat penting untuk kita perhatikan. Oleh karena itulah, kakak memutuskan dalam contoh Analytical Exposition kali ini yang akan dibahas adalah tentang lingkungan sekolah.

Contoh Analytical Exposition tentang lingkungan sekolah di bawah ini sengaja kakak hadirkan dengan tujuan untuk mendatangkan lebih banyak perhatian terhadap kondisi lingkungan sekolah yang sebenarnya merupakan hal yang sangat penting. Selain itu tema lingkungan sekolah ini memang sangat cocok untuk diangkat ke dalam sebuah teks Analytical Exposition yang merupakan jenis teks dengan tujuan untuk menyadarkan orang-orang akan keberadaan suatu isu yang kita anggap penting. Mudah-mudahan setelah membaca contoh Analytical Exposition text kali ini, rasa kepedulian terhadap lingkungan sekolah akan semakin kuat di dalam diri adik-adik semua. Ayo kita simak teks lengkapnya. – KakDikta.blogspot.com

Contoh Analytical Exposition Tentang Lingkungan Sekolah
Google Image - Contoh Analytical Exposition Text Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Analytical Exposition Tentang Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah adalah hal yang sangat penting untuk kita perhatikan dan jaga. Karena sebagai pelajar, sekolah dan lingkungannya merupakan tempat di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu kita setiap hari. Bayangkan saja jika kita harus menghabiskan waktu di suatu tempat yang kotor dan bau, tentu tidak nyaman kan. Jika kita tidak menjaga dan memperhatikan lingkungan sekolah, kenyamanan kita untuk belajar dan bermain dengan teman tentu akan sangat terganggu. Contoh Analytical Exposition kali ini akan membahas arti pentingnya lingkungan sekolah yang nyaman bagi pelajar dan warga sekolah lainnya.

The Importance of Maintaining School Environment (Pentingnya Memelihara Lingkungan Sekolah)
As a student, we spend most of our time at school. From the morning to the afternoon, we do a lot of activities within the school area. I personally believe that maintaining the school environment is very important for us as a student as it will affect anything that we do in it. Below are several opinions and argument that will explain why keeping the school environment clean and safe is important.
Firstly, keeping the school environment clean gives us healthier atmosphere to study and to do various activities at school. Pile of trash produce bad smell, pollute the soil and invite a lot of flies to stay in the area. By maintaining the school environment free of trash, we can provide healthier ground and fresher air for teachers, students and other school inhabitant. With this condition, we will definitely enjoy our learning process at school as well as our other activities within the school ground.
Secondly, maintaining school environment will actually raise the image of the school within the society. It is common that a well maintained school will be considered as credible and trusted school by the society. When this condition is achieved by the school, more and more people will be willing to send their kids to this school. This will be really good for the development of the school as they will have enough capital to improve the school infrastructure.
Thirdly, maintaining the school environment is actually a lot more efficient compare to the loss that might happen if all school residents is ignoring it. Maintaining the school environment doesn’t necessarily mean cleaning the school yard all the time. It also mean to secure the area by having several guards patrolling around the school. With this, no one will be able to get out of or get in to the school unnoticed. Therefore, we will be able to minimize the possibility of theft or the chance for the students to sneak out.
Now that you have seen some advantages of maintaining the school environment, I believe that you start to consider this issue as an important matter. Taking this matter seriously is very important to all of us, whether you are a student, a teacher, a principal, or any other member of the school, as it is the place where you will spend most of your days.

Terjemahan Contoh Analytical Exposition Tentang Lingkungan Sekolah

Pentingnya Memelihara Lingkungan Sekolah
Sebagai seorang siswa, kita menghabiskan sebagian besar dari waktu kita di sekolah. Sejak pagi hingga sore, kita melakukan banyak aktivitas di dalam lingkungan sekolah ini. Saya pribadi percaya bahwa merawat lingkungan sekolah itu sangat penting bagi kita sebagai pelajar karena hal itu akan berpengaruh terhadap apapun yang kita lakukan di dalamnya. Di bawah ini adalah beberapa opini dan argument yang akan menjelaskan mengapa menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan aman itu penting.
Pertama, menjaga lingkungan sekolah tetap bersih memberikan kita suasana yang lebih sehat untuk belajar dan melakukan berbagai aktivitas di sekolah. Tumpukan sampah menghasilkan bau yang tidak enak, mencemari tanah dan mengundang banyak lalat untuk berada di kawasan tersebut. Dengan merawat lingkungan sekolah bebas dari sampah, kita bisa menyediakan kawasan yang lebih sehat dan udara yang lebih segar bagi guru, siswa dan penghuni sekolah yang lain. Dengan kondisi ini, kita sudah pasti akan menikmati proses belajar kita di sekolah serta aktivitas kita yang lainnya di lingkungan sekolah itu.
Kedua, merawat lingkungan sekolah sebenarnya akan meningkatkan citra sekolah di masyarakat. Sudah umum bahwa sebuah sekolah yang terawat dengan baik akan dianggap sebagai sekolah yang kredibel dan terpercaya oleh masyarakat. Saat kondisi ini dicapai oleh sekolah, semakin banyak orang akan mau memasukkan anak-anak mereka ke sekolah ini. Hal ini akan sangat baik bagi perkembangan sekolah itu karena mereka akan memiliki modal yang cukup untuk meningkatkan sarana prasarana sekolah.
Ketiga, merawat lingkungan sekolah sebenarnya jauh lebih efisien dibandingkan dengan kerugian yang mungkin terjadi jika semua penghuni sekolah mengabaikannya. Merawat lingkungan sekolah tidak selalu berarti membersihkan halaman sekolah setiap saat. Hal itu juga berarti mengamankan kawasan sekolah itu dengan menugaskan beberapa penjaga yang berpatroli di sekeliling sekolah. Dengan hal ini, tidak aka ada satu orang pun yang bisa masuk maupun keluar dari sekolah itu tanpa diketahui. Oleh karenanya, kita akan bisa meminimalkan kemungkinan pencurian atau kesempatan bagi siswa untuk menyelinap keluar.
Sekarang saat anda telah melihat beberapa manfaat dari merawat lingkungan sekolah, saya percaya bahwa anda mulai menganggap isu ini sebagai hal yang penting. Memperlakukan masalah ini secara serius sangatlah penting bagi kita semua baik anda seorang siswa, seorang guru, seorang kepala sekolah atau anggota sekolah lainnya dari sekolah tersebut, karena ini merupakan tempat dimana anda akan menghabiskan sebagian besar dari hari anda.

Nah, seperti itulah tadi adik-adik contoh Analytical Exposition text tentang lingkungan sekolah, kakak harap tulisan kali ini juga bermanfaat bagimu. Terimakasih atas waktu yang telah kamu luangkan kali ini, jika ada pertanyaan langsung saja tuliskan dalam kolom komentar di bawah. Sekarang, silahkan baca Contoh Analytical Exposition Tentang Pentingnya Olahraga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »