Pidato Bahasa Inggris Singkat Tentang Gizi Dan Terjemahannya

Hai adik-adik, kali ini Kak Dikta sudah menyiapkan sebuah pidato Bahasa Inggris singkat tentang gizi seimbang dalam makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari. Gizi atau nutrisi merupakan bahan-bahan yang tubuh kita perlukan supaya dapat berfungsi secara normal sehingga kita bisa hidup dengan sehat. Dalam contoh pidato Bahasa Inggris kali ini, kakak membahas tentang Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) yang merupakan patokan kebutuhan gizi yang perlu kita penuhi setiap hari.

Melihat tema pidato kali ini, tentu adik-adik setuju ya jika kakak sengaja membuat contoh pidato Bahasa Inggris kali ini untuk anak-anak yang masih berada di tingkat SD (Sekolah Dasar). Namun hal ini tidak berarti bahwa kamu yang sudah berada di tingkat SMP dan SMA tidak boleh membacanya ya, kamu tentu boleh mempelajari teks pidato di bawah ini selama kamu merasa isinya bermanfaat untukmu, karena jujur saja, kakak yakin masih banyak yang belum tau tentang Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) hingga hari ini. Jangan lupa, temukan juga berbagai Pidato Bahasa Inggris dengan tema lainnya yang sudah kakak siapkan khusus untukmu. – KakDikta.blogspot.com

English Speech Example About Nutrition
Google Image - Pidato Bahasa Inggris Singkat Tentang Gizi Dan Terjemahannya

Pidato Bahasa Inggris Tentang Gizi

Setiap negara ternyata memiliki patokan atau prinsip gizi seimbang yang berbeda-beda. Meski begitu, umumnya setiap standar gizi akan meliputi keterangan akan kebutuhan tubuh terhadap air putih, sumber karbohidrat, sumber vitamin, serat dan mineral, dan juga sumber protein. Contoh pidato Bahasa Inggris kali ini akan mengulas sedikit tentang porsi asupan nutrisi secara umum yang ada dalam Tumpeng Gizi Seimbang yang merupakan patokan gizi yang digunakan di negara kita.

The Nutrition Standard (Standar Gizi)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
The honorable audience
The honorable teacher and my beloved friends
Let’s be grateful to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life and let’s say sholawat to our prophet Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
My name is Ridwan Muizi Halim from class 5B. In this special occasion, I would like to deliver my speech with the title “The Nutrition Standards”.

My beloved friends and teachers,
Our body needs supply of nutrition every day. We get nutrition from everything that we eat. That is the reason why, if you want to have a healthy body you need to eat healthy foods. Now the question is, what is healthy foods? Healthy foods are foods that can fulfill your daily nutrition needs. In Indonesia, the government has issued a nutrition standard that we have to try to fulfill every day, and it is called as TGS or Tumpeng Gizi Seimbang.
TGS is a conical chart designed by some nutritionist in Indonesia. This chart explains the portion of food that we need to consume every day to fulfill our daily nutrition needs. Understanding this chart will help us to pick the right food for our body.
Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) consists of five layers. The first layer is the foundation of our daily nutrition needs. It shows us the nutrition that we need the most in our daily basis. In the first layer, we have water as the most required nutrition for the body. We need as much as 2 liters or 8 glass of water every day to keep the body well hydrated. In the second layer, we have something that we call as the main food. The second layer is filled with any kinds of carbohydrate source such as rice, bread, potatoes, beans, corn, yam and many more. The recommended portions of this layer in a day are 3 to 8 portions.
The third layer consists of vegetables and fruits as the source of vitamin and mineral. The recommended portions for vegetables are slightly bigger than the recommended portions of fruits. The recommended portions for vegetables are 3 to 5 portions, and the recommended portions for fruits are 2 to 3 portions in a day.
The fourth layer contains any kinds of food with high protein. This layer is divided into animal protein and vegetable protein or plant protein. The recommended portions for food in this layer are 2 to 3 portions in a day. You can fulfill your daily needs of protein by consuming meat, poultry, fish, egg and any kind of dairy food like yoghurt, butter and cheese, or you can also rely on plant protein such as beans, nuts and lentils.
The fifth or the last layer contains foods that we need the least such as oil, sugar and salt. There is no recommended portion for this food because we don’t actually need it that much in our daily nutrition needs. In fact, I think it is okay if we don’t consume it at all.

My beloved friends and teachers,
Now you have everything that you need to start a healthy life. If you really want it, you can start right now by paying attention to your daily foods. Don’t forget to balance it with healthy lifestyle too, because all nutrition that you take in a day will means nothing if you don’t have a healthy way of life.

Thank you very much for your attention. I hope you find it useful.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Gizi

Standar Gizi

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Hadirin yang terhormat
Yang terhormat Bapak Ibu Guru dan teman-teman yang saya sayangi.
Mari kita bersyukur pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkah nya dalam hidup kita dan mari kita bacakan sholawat pada nabi kita Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam.
Nama saya Ridwan Muizi Halim dari kelas 5B. Dalam kesempatan spesial ini, saya ingin menyampaikan pidato saya dengan judul “Standar Gizi”.

Teman-teman dan Dewan Guru yang saya sayangi,
Tubuh kita membutuhkan asupan gizi setiap hari. Kita memperoleh gizi dari apapun yang kita makan. Itulah sebabnya, jika anda ingin memiliki badan yang sehat anda perlu memakan makanan sehat. Sekarang pertanyaannya adalah, apa itu makanan sehat? Makanan sehat adalah makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian anda. Di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan sebuah standar gizi yang kita harus coba penuhi setiap hari, dan standar tersebut dikenal dengan TGS atau Tumpeng Gizi Seimbang.
TGS adalah sebuah grafik berbentuk kerucut yang didesain oleh beberapa ahli gizi di Indonesia. Grafik ini menjelaskan porsi makanan yang perlu kita konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Memahami grafik ini akan membantu kita untuk memilih makanan yang tepat untuk tubuh kita.
Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) terdiri dari lima lapisan. Lapisan pertama adalah pondasi dari kebutuhan gizi harian kita. Hal itu menunjukkan nutrisi yang paling kita butuhkan dalam keseharian kita. Pada lapisan pertama, terdapat air sabagai nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh. Kita membutuhkan sebanyak 2 liter atau 8 gelas air setiap hari untuk menjaga tubuh kita terhidrasi dengan baik. Pada lapisan kedua, kita memiliki apa yang kita sebut sebagai makanan utama. Lapisan kedua ini diisi oleh berbagai macam sumber karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, kacang, jagung, ubi dan banyak lagi yang lainnya. Porsi yang direkomendasikan untuk lapisan ini dalam sehari adalah 3 hingga 8 porsi.
Lapisan ketiga terdiri dari sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral. Porsi yang direkomendasikan untuk sayuran sedikit lebih banyak dibandingkan porsi yang direkomendasikan untuk buah-buahan. Takaran yang direkomendasikan untuk sayuran adalah 3 hingga 5 porsi, dan takaran yang disarankan untuk buah-buahan adalah 2 hingga 3 porsi dalam sehari.
Lapisan keempat mengandung segala jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Lapisan ini dibagi menjadi protein hewani dan protein nabati atau protein tumbuhan. Takaran yang disarankan untuk makanan di lapisan ini adalah 2 hingga 3 porsi dalam sehari. Anda bisa memenuhi kebutuhan harian anda akan protein dengan mengonsumsi daging, daging ayam, ikan, telur dan segala jenis makanan olahan dari susu seperti yogurt, mentega dan keju, atau anda juga bisa bergantung pada protein nabati seperti kacang polong, kacang tanah dan jenis kacang-kacangan lainnya.
Lapisan kelima atau lapisan terakhir berisikan makanan yang kita butuhkan paling sedikit seperti minyak, gula dan garam. Tidak ada takaran yang dianjurkan untuk makanan ini karena kita sebenarnya tidak begitu memerlukannya dalam kebutuhan gizi harian kita. Malahan, saya rasa tidak apa jika kita tidak mengonsumsinya sama sekali.

Teman-teman dan Dewan Guru yang saya sayangi,
Sekarang anda punya semua hal yang anda butuhkan untuk memulai hidup sehat. Jika anda benar-benar menginginkannya anda bisa memulainya sejak saat ini dengan memperhatikan makanan harian anda. Jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan gaya hidup sehat juga, karena semua nutrisi yang kita konsumsi seharian akan tidak memiliki makna jika kita tidak memiliki cara hidup yang sehat.

Terimakasih banyak atas perhatian anda. Saya harap hal ini berguna bagi anda.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sampailah kita di akhir artikel ini, terimakasih banyak sudah membaca keseluruhan tulisan kakak dari awal, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu khususnya dalam bidang Bahasa Inggris. Silahkan klik tombol follow yang ada di samping kanan dan bagikan pidato Bahasa Inggris tentang Gizi ini di akun sosmed milikmu, supaya lebih banyak orang lagi yang sempat membacanya. Kakak akhiri sampai di sini, sampai ketemu lagi. Silahkan lanjutkan dengan artikel terbaru kakak yang berjudul Pidato Bahasa Inggris Singkat Tentang Haji Dan Terjemahannya.

Referensi:
  1. Nutrisi - https://id.wikipedia.org/wiki/Nutrisi - Diakses tanggal 10 Oktober 2019
  2. Gizi Seimbang - https://id.wikipedia.org/wiki/Gizi_seimbang - Diakses tanggal 10 Oktober 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »