Contoh Hortatory Exposition Tentang Politik Beserta Artinya

Halo semuanya, dalam kesempatan kali ini kakak telah menyiapkan sebuah contoh Hortatory Exposition tentang Politik. Bagi kamu yang sedang membutuhkan contoh Hortatory Exposition singkat, kamu berada di tempat yang tepat. Silahkan baca contoh teks Bahasa Inggris di bawah ini kemudian cobalah untuk mencocokkan setiap paragraph yang ada dalam teks tersebut dengan generic structure Hortatory Exposition text yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Ingat, jika kamu merasa belum memahami penjelasan tentang teks Exposition yang satu ini, cobalah pelajari lagi pengertian Hortatory Exposition text dalam postingan yang sudah lebih dulu Kak Dikta terbitkan.

Contoh Hortatory Exposition tentang Politik yang kakak sajikan di bawah ini akan membahas isu “Money Politics” atau “Politik Uang” yang biasanya menjadi topik hangat menjelang pemilu. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi ya dengan istilah “Money Politics” ini, karena hampir di setiap kali kita mengadakan kegiatan pemilu, ada saja kasus pembelian suara atau dukungan untuk memenangkan orang tertentu. Melalui contoh Hortatory Exposition text kali ini, kakak ingin mengajak pembaca semua untuk bisa bersikap tegas dan berkata “Tidak” pada “Money Politics”. – KakDikta.blogspot.com

Hortatory Exposition Text About Politics
Google Image - Contoh Hortatory Exposition Tentang Politik Beserta Artinya

Contoh Hortatory Exposition Tentang Politik

Politik merupakan bagian dari kehidupan kita. Meski mungkin bagi sebagian orang politik terkesan seperti suatu hal yang menakutkan karena banyak melibatkan unsur tipu daya, sebenarnya politik itu adalah hal yang baik dan kita butuhkan, karena mengutip teori klasik Aristoteles, “Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama”. Nah, seperti apa ya contoh Hortatory Exposition tentang politik kali ini? Yuk simak selengkapnya.

The Dangerous Effect of Money Politics (Dampak Berbahaya dari Politik Uang)
During election season there are so many candidates running their campaign. All people who registered themselves as candidate in an election surely want to gain as much votes as possible. Some of them are willing to do anything to achieve their goal, including buying the votes by giving certain amount of money to the voters during their campaign. Some voters happily accept this money as a gift from the candidates, but some others are straightforward and refuse the money. Whether you decide to receive the money or not, below are several dangerous effects of money politics that you need to know.
Money politics equals to dishonest candidates. There are no rules that allow any candidates to give money to voters in exchange for their votes. Every voter should decide their choice by their own consideration without any disturbance of external motives including money politics. Any candidates who are willing to take risk and violate this rule by trying to buy votes clearly show us how dishonest they really are since the beginning. If we do not refuse when a candidate offer us some money and decided to take it and give our vote to that candidate instead, it means that we are handing over our future to the hand of dishonest person. How can we expect good thing to happen in our life from that moment forward?
If we allow money politics to happen, we cannot ensure that the winning candidate is the right person for the job. When money politics happen, anyone with enormous capital can win the election and sit on the government chair. It means that, without even having the suitable background for the job, if someone has enough money to buy his or her way in into the government, they will have the job and power to make decision for the society. Can you imagine what kind of regulation that they will make during their serving period when they do not have the knowledge and capabilities for the job? They won’t be able to make the right decision for the society.
The last, money politics can bring both the candidate and the receiver of the money into the jail. Based on the regulation UU nomor 10/2016 article 187a on paragraph 1 and 2, both the person who commit money politics and its receiver will be charge and are potentially be sent to the jail. It means that accepting the money is also considered as crime.
The explanation above has shown us how dangerous the effect of money politics for the society. If you do not wish to experience the negative effect of it, then I strongly recommend you to say no to money politics in any form. Let’s build a clean nation and let’s start it by having a clean election.


Terjemahan Contoh Hortatory Exposition Tentang Politik

Dampak Berbahaya dari Politik Uang
Selama musim pemilu ada begitu banyak kandidat menjalankan kampanye mereka. Semua orang yang mendaftarkan diri mereka sebagai kandidat dalam sebuah pemilu tentunya ingin memperoleh sebanyak mungkin suara. Sebagian dari mereka bahkan rela melakukan apapun untuk mencapai tujuan mereka, termasuk membeli suara dengan cara memberikan sejumlah uang pada para pemilih selama kampanye mereka. Sebagian pemilih dengan senang hati menerima uang ini sebagai hadiah dari kandidat tersebut, namun sebagian yang lain sangatlah tegas dan menolak uang itu. Baik kamu memutuskan untuk menerima uang itu atau tidak, berikut ini adalah beberapa dampak berbahaya dari politik uang yang perlu kamu ketahui.
Politik uang sama dengan kandidat yang tidak jujur. Tidak ada peraturan yang mengijinkan kandidat manapun untuk memberikan uang pada pemilih sebagai imbalan untuk suara mereka. Setiap pemilih haruslah memutuskan pilihan mereka dengan pertimbangan mereka sendiri tanpa ada gangguan apapun dari luar termasuk politik uang. Kandidat manapun yang berani mengambil resiko dan melanggar aturan ini dengan cara mencoba untuk membeli suara dengan jelas menunjukkan pada kita betapa tidak jujurnya mereka dari awal. Jika kita tidak menolak saat seorang kandidat menawarkan kita sejumlah uang dan memutuskan untuk mengambilnya dan memberikan suara kita pada kandidat itu, hal ini berarti bahwa kita menyerahkan masa depan kita ke tangan orang yang tidak jujur. Bagaimana bisa kita mengharapkan hal baik akan terjadi di kehidupan kita sejak saat itu dan seterusnya?
Jika kita membiarkan politik uang terjadi, kita tidak bisa memastikan bahwa kandidat yang menang adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Saat politik uang terjadi, siapapun dengan modal yang sangat besar bisa memenangkan pemilu dan duduk di kursi pemerintahan. Hal ini berarti, tanpa memiliki latar belakang yang sesuai untuk pekerjaan tersebut, jika seseorang memiliki uang yang cukup untuk membeli jalan masuk bagi dirinya ke dalam pemerintahan, mereka akan mendapatkan pekerjaan itu dan kekuasaan untuk membuat keputusan bagi masyarakat. Bisakah anda membayangkan peraturan seperti apa yang akan mereka buat selama masa jabatan mereka saat mereka tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk pekerjaan tersebut? Mereka tidak akan bisa membuat keputusan yang tepat bagi masyarakat.
Yang terakhir, politik uang bisa membuat kandidat dan penerima uang masuk penjara. Berdasarkan UU nomor 10/2016 pasal 187a ayat 1 dan 2, pelaku politik uang serta penerimanya akan di tuntut dan memiliki kemungkinan untuk dipenjara. Hal ini berarti menerima uang tersebut juga dianggap sebagai tindak kriminal.
Penjelasan di atas telah menunjukkan betapa bahayanya efek dari politik uang bagi masyarakat. Jika anda tidak ingin merasakan dampak negative dari hal ini, maka saya sangat menyarankan anda untuk mengatakan tidak pada politik uang dalam segala bentuk. Ayo kita bangun bangsa yang bersih dan ayo kita mulai dengan mengadakan pemilu yang bersih.

Adik-adik, itulah tadi contoh Hortatory Exposition tentang Politik, semoga tulisan kakak di atas bisa kamu pahami dengan mudah serta bermanfaat bagimu. Terimakasih banyak untuk waktu yang telah kamu luangkan untuk membaca tulisan kali ini hingga akhir, kakak sangat berharap apa yang kakak sajikan di blog ini bisa memperluas pengetahuanmu, khususnya di bidang Bahasa Inggris. Kakak akhiri sampai di sini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya, silahkan lanjutkan dengan membaca Contoh Hortatory Exposition About Smoking Dan Terjemahannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »