Contoh Hortatory Exposition About Smoking Dan Terjemahannya

Halo adik-adik, pada postingan kali ini, Kak Dikta akan menampilkan sebuah contoh Hortatory Exposition about Smoking. Buat kamu yang baru mengenal jenis teks Exposition yang satu ini, mungkin kamu perlu mempelajari terlebih dahulu seperti apa pengertian Hortatory Exposition text itu, supaya kamu tau tujuan serta generic structure dari teks ini. Jika kamu sudah memahami pengertiannya, barulah lanjutkan dengan membaca contoh Hortatory Exposition singkat berikut ini.

Contoh Hortatory Exposition tentang merokok kali ini akan mengangkat isu tentang “Smoking Room” atau “Smoking Area” yang saat ini mulai banyak disediakan di berbagai tempat umum, khususnya di kota besar. Munculnya ide untuk menyediakan tempat khusus bagi para perokok ini tentu timbul dari keresahan masyarakat akan bahaya asap rokok yang dapat merugikan perokok itu sendiri serta orang lain yang berada di sekitar perokok tersebut. Kakak sangat setuju dengan ide ini, dan benar-benar mendukung pelaksanaannya. Melalui contoh Hortatory Exposition singkat kali ini, kakak ingin mengajak lebih banyak orang lagi untuk mendukung program pengadaan “Smoking Area” ini. – KakDikta.blogspot.com

Hortatory Exposition Text About Smoking
Google Image - Contoh Hortatory Exposition About Smoking Dan Terjemahannya

Contoh Hortatory Exposition About Smoking

Ide untuk mendirikan ruang khusus bagi para perokok menurut saya merupakan suatu pemikiran yang brilliant. Kebiasaan merokok yang bagi sebagian orang sulit untuk dihentikan memang butuh solusi seperti ini agar dampak buruknya bisa lebih dikontrol dan tidak mempengaruhi orang lain yang ada di sekitar perokok. Contoh Hortatory Exposition kali ini akan menampilkan opini serta argument saya yang sangat mendukung adanya “Smoking Area” di tempat-tempat umum.

The Importance Of Smoking Area (Pentingnya Area Merokok)
Asking a smoker to stop smoking is not easy. In certain cases, it is even considered impossible, because for some people the addiction is just unbearable. Although it is difficult, letting smokers to just smoke freely in our environment is also not an option that we are ready to take, because non-smokers deserve protection from the dangerous substance spreading through the smoke. This condition show us how important it is to provide special places for smokers to carry on their unhealthy habit of smoking in a controlled environment so we can assure that the dangerous smoke that they exhale don’t have a chance to harm other people around them.
Firstly, smoking area will contain dangerous substances produce from smoking activity from spreading in the air. This way, we will be able to protect the health of non-smokers out there, especially children and teenager. More importantly, by providing a smoking room in public places such as office, shopping mall, and also some governmental buildings like school and hospital, it will be easier for the authorities to purify the toxic floating in the room compare to purifying the toxic floating in an open space.
Secondly, the existence of smoking room will also open a chance of social interaction among smokers. When there is no special place to smoke, a smoker can go anywhere they like to enjoy their cigarette. Some of them might even try to find a quiet place to smoke. This condition lower the chance for them to socialize with others. With the existence of smoking room, anyone who wants to smoke will go to this room and spend some time in it. It will open up a chance for them to mingle with other smoker in the room.
The last, smoking room or smoking area can be the most suitable place for the government or health organization to carry out their anti-smoking campaign. All this time, our government with the help of the health organization has tried to educate our people about the danger of smoking. They try to expose the society with anti-smoking campaign through billboard on the street, advertisement on TV and the internet and also warning on each pack of cigarette. Until now, none of it seems really works, because most people may not notice about the warning and the campaign, or maybe they just don’t think about it thoroughly. The situation is different when they spend their time in the smoking room. During the time that they spend in a smoking room, most smokers don’t do anything besides smoking. Exposing them with anti-smoking campaign might work better in this situation because their minds are not busy at that moment. So anything that we presented in front of them will have a bigger possibility to stick in their memory.
The three reasons that have been mentioned above clearly illustrate the importance of smoking room in our environment. So, if you are the authorities or anyone with the capabilities of providing this special place for smokers, I strongly recommend you to build one. But, if you are not, let’s support the government program to implement smoking area in public places.

Terjemahan Contoh Hortatory Exposition About Smoking

Pentingnya Area Merokok
Meminta seorang perokok untuk berhenti merokok tidaklah mudah. Dalam kasus-kasus tertentu, hal itu bahkan dianggap mustahil untuk dilakukan, karena bagi sebagian orang rasa kecanduannya benar-benar tak tertahankan. Meskipun sulit, membiarkan perokok untuk merokok secara bebas di lingkungan kita juga bukan merupakan sebuah pilihan yang siap kita ambil, karena orang non-perokok berhak mendapatkan perlindungan dari bahan berbahaya yang menyebar melalui asap rokok. Keadaan ini menunjukkan pada kita betapa pentingnya untuk menyediakan tempat khusus bagi perokok untuk melakukan kebiasaan merokok mereka yang tak menyehatkan itu dalam sebuah lingkungan yang terkontrol sehingga kita bisa memastikan bahwa asap berbahaya yang mereka hambuskan tidak memiliki kesempatan untuk merugikan orang lain di sekitar mereka.
Pertama, kawasan merokok akan mencegah penyebaran zat berbahaya yang dihasilkan dari kegiatan merokok di udara. Dengan cara ini, kita akan bisa melindungi kesehatan orang-orang yang bukan perokok di luar sana, terutama anak-anak dan remaja. Terlebih lagi, dengan menyediakan ruang merokok di tempat umum seperti kantor, pusat perbelanjaan, serta beberapa bangunan pemerintah seperti sekolah dan rumah sakit, akan menjadi lebih mudah bagi pihak berwenang untuk membersihkan racun yang mengambang di ruangan itu dibandingkan dengan membersihkan racun yang mengambang di ruang terbuka.
Ketiga, keberadaan ruang merokok juga akan membuka kesempatan terjadinya interaksi sosial antar perokok. Saat tidak ada tempat khusus untuk merokok, seorang perokok bisa pergi kemana saja yang ia inginkan untuk menikmati rokok mereka. Beberapa dari mereka bahkan mungkin mencoba mencari tempat yang sunyi untuk merokok. Keadaan ini menurunkan kesempatan bagi mereka untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dengan keberadaan ruangan merokok, siapapun yang ingin merokok akan pergi ke ruangan ini dan menghabiskan beberapa waktu di dalamnya. Hal ini akan membuka kesempatan bagi mereka untuk bergaul dengan perokok lain di ruangan itu.
Yang terakhir, ruangan merokok atau kawasan merokok bisa menjadi tempat yang paling sesuai bagi pemerintah atau organisasi kesehatan untuk menjalankan kampanye anti merokok mereka. Selama ini, pemerintah kita dengan bantuan dari organisasi kesehatan telah mencoba untuk mendidik masyarakat kita tentang bahaya merokok. Mereka mencoba menunjukkan kepada masyarakat kampanye anti merokok melalui papan iklan di jalanan, iklan di televise dan internet dan juga peringatan pada setiap bungkus rokok. Hingga saat ini, tidak satupun yang nampaknya membawa hasil, karena sebagian besar orang mungkin tidak menyadari keberadaan peringatan serta kampanye tersebut, atau mungkin mereka hanya tidak memikirkannya secara menyeluruh. Situasi nya berbeda saat mereka menghabiskan waktu mereka di ruangan merokok. Selama waktu yang mereka habiskan di sebuah ruangan merokok, sebagian besar perokok tidak melakukan hal lain selain merokok. Memapar mereka dengan kampanye anti merokok mungkin akan berdampak lebih baik pada situasi ini karena pikiran mereka sedang tidak sibuk pada saat itu. Sehingga apapun yang kita tampilkan di depan mereka akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk melekat di ingatan mereka.
Tiga alasan yang telah disebutkan di atas secara jelas mengilustrasikan pentingnya ruangan merokok di lingkungan kita. Jadi, jika kamu adalah orang yang berwenang atau orang dengan kemampuan untuk menyediakan tempat khusus bagi perokok ini, saya sangat menyarankan kamu membangunnya. Namun jika kamu bukan seperti yang saya sebutkan di atasm mari kita dukung pemerintah kita untuk menerapka kawasan merokok di tempat umum.

Selesai sudah contoh Hortatory Exposition about smoking kali ini, kakak harap isi teks kali ini juga bisa dipahami dengan mudah seperti tulisan-tulisan kakak yang lain di blog ini. Kak Dikta harap apa yang kakak sajikan bermanfaat bagimu, silahkan tinggalkan salam di kolom komentar di bawah jika kamu merasa mendapat ilmu pengetahuan baru setelah membaca tulisan kali ini. Sampai jumpa lagi, dan jangan lupa baca juga Contoh Analytical Exposition Text Singkat Tentang Korupsi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »