Contoh Hortatory Exposition Tentang Sampah Dan Terjemahannya

Hai adik-adik, selamat datang lagi di blog Kak Dikta. Hari ini kakak akan menampilkan contoh Hortatory Exposition tentang Sampah dan terjemahannya. Buat kamu yang selalu mengikuti update terbaru di blog ini, kamu pasti tau dong ada beberapa contoh Hortatory Exposition singkat lainnya yang sudah kakak terbitkan juga di blog ini. Kalau kamu benar-benar ingin memahami pengertian Hortatory Exposition serta generic structure nya itu seperti apa, silahkan pelajari satu persatu contoh teks yang sudah kakak sediakan untukmu.

Contoh Hortatory Exposition tentang Sampah kali ini akan membahas tentang “The Effect of Littering” atau “Efek Membuang Sampah Sembarangan”. Tema ini menurut kakak sangat penting untuk dibicarakan karena pada kenyataannya kita terkadang masih lalai dengan kewajiban kita untuk menjaga lingkungan melalui tindakan “membuang sampah pada tempatnya”. Jika ada dampak kerusakan akibat sampah yang kita lihat di sekitar kita seperti banjir dan maraknya hewan laut yang jadi cacat karena sampah plastik yang begitu banyak di lautan, ingatlah!! Kita yang lalai “membuang sampah pada tempatnya” ikut berkontribusi terhadap kerusakan itu. – KakDikta.blogspot.com

Hortatory Exposition Text About Trash
Google Image - Contoh Hortatory Exposition Tentang Sampah Dan Terjemahannya

Contoh Hortatory Exposition Tentang Sampah

Sampah merupakan sumber masalah utama di lingkungan kita. Dari berbagai macam sampah yang ada, plastik dan Styrofoam ternyata merupakan jenis sampah yang paling mencemari lingkungan kita. Dampak kerusakannya tidak hanya ada di daratan saja, namun juga di lautan dan membahayakan kelangsungan hidup biota laut. Semoga dengan adanya contoh Hortatory Exposition singkat ini akan ada makin banyak orang yang perduli dengan lingkungan dan mulai memperhatikan sampah di sekitar mereka, Aamiin.

The Dangerous Effect of Littering (Efek Berbahaya dari Membuang Sampah Sembarangan)
We produce a lot of trash every day. It is true that it is unavoidable but having a better way to deal with it is imperative, because all this time, our habit of littering has affected our environment in a horrible way. Below are several dangerous effects of littering that some of us may not realize this whole time.
If your environment doesn’t smell nice, you probably have some organic waste scattered around. Organic waste can rot, and when it does, it pollutes the air with unpleasant smell. Rotten trash is also a good place for some dangerous germ to grow. This dangerous germ can be distributed to the environment through the air or with the help of flies. It means that when you let organic waste lying around, you have to be ready to get sick.
Non organic waste or also known as non-biodegradable waste, such as plastic and Styrofoam, can also bring negative effect to our environment. In fact, most flood that happen in the urban area is the result of littering this kind of waste. Plastic and Styrofoam that we throw carelessly will be brought to the sewer by the rain water. Soon, it will pile up in the sewer and clog the waterways. When this condition happens, flood is unavoidable.
This type of trash also often washed away to the sea. As the result, it contaminates the water and endangers the life of sea creature. The danger is real. There has been hundreds of sea animal such as turtle, fish, whale, and seal die because they accidentally eat some plastic and cigarette butts. The number will continuously rise if we don’t start to change our habit of littering. If this example is not enough to move your heart, then ask to yourself, do you want to eat fish with bunch of trash inside its belly? If you don’t, then change it.
Littering will only cause a lot of additional problem that will lead back to us. When we litter, we are actually endangering our own safety. So if you want to live a happy and healthy life, I strongly advise you to stop littering and start caring to your environment.


Terjemahan Contoh Hortatory Exposition Tentang Sampah

Efek Berbahaya dari Membuang Sampah Sembarangan
Kita menghasilkan banyak sampah setiap hari. Memang benar bahwa hal itu tak dapat dihindari namun menemukan cara yang lebih baik dalam berurusan dengan sampah ini merupakan hal yang sangat penting, karena selama ini, kebiasaan kita membuang sampah sembarangan telah mempengaruhi lingkungan kita secara mengerikan. Berikut ini adalah beberapa efek berbahaya dari membuang sampah sembarangan yang mungkin sebagian dari kita belum sadari selama ini.
Jika lingkunganmu berbau tidak sedap, mungkin ada beberapa sampah organik berserakan di sekitarnya. Sampah organik bisa membusuk, dan saat itu membusuk, sampah itu mencemari udara dengan aroma yang tidak enak. Sampah yang membusuk juga merupakan tempat yang baik bagi kuman berbahaya untuk tumbuh. Kuman yang berbahaya ini bisa disebarkan ke lingkungan melalui udara atau dengan bantuan lalat. Hal ini berarti saat kamu membiarkan sampah organik bertebaran di sekitar, kamu harus bersiap-siap untuk terserang penyakit.
Sampah non organik atau dikenal juga dengan sampah non-biodegradable, seperti plastik dan Styrofoam, juga bisa membawa dampak negatif terhadap lingkungan kita. Fakta nya, kebanyakan banjir yang terjadi di daerah perkotaan merupakan hasil dari membuang sampah jenis ini secara sembarangan. Plastik dan Styrofoam yang kita buang secara sembarangan akan dibawa ke got oleh air hujan. Tak lama, itu akan menumpuk di dalam got dan menyumbat saluran air. Saat kondisi ini terjadi, banjir tidak bisa dihindari.
Jenis sampah ini juga sering hanyut ke lautan. Hasilnya, sampah itu mencemari air dan membahayakan kehidupan makhluk laut. Bahayanya sungguh nyata. Telah ada ratusan hewan laut seperti penyu, ikan, ikan paus dan anjing laut yang mati karena mereka secara tidak sengaja memakan beberapa plastik dan puntung rokok. Jumlah itu akan terus meningkat jika kita tidak mulai mengubah kebiasaan kita membuang sampah sembarangan. Jika contoh ini tidak cukup untuk menggerakkan hati mu, maka tanyakan pada dirimu sendiri, apa kamu mau memakan ikan dengan sejumlah sampah di dalam perutnya? Jika tidak, maka berubahlah.
Membuang sampah sembarangan hanya akan menyebabkan banyak masalah tambahan yang akan berbalik pada kita. Saat kita membuang sampah sembarangan, kita sebenarnya membahayakan keselamatan diri kita sendiri. Jadi jika kamu ingin hidup bahagia dan sehat, saya sangat menyarankan kamu untuk berhenti membuang sampah sembarangan dan mulai perduli terhadap lingkunganmu.

Itulah tadi contoh Hortatory Exposition tentang Sampah dan terjemahannya, mudah-mudahan bermanfaat bagi adik-adik dan sobat pengunjung semua. Kakak akhiri sampai di sini postingan kali ini, silahkan share link artikel ini pada teman-temanmu yang lain jika kamu merasa informasi yang kakak sajikan di dalamnya bagus dan bermanfaat. Sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya di blog ini, jangan lupa baca juga tulisan terbaru kakak yang berjudul Contoh Hortatory Exposition Text Tentang Banjir Dan Artinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »