Contoh Hortatory Exposition Text Tentang Banjir Dan Artinya

Halo adik-adik, kali ini Kak Dikta sudah menyiapkan sebuah contoh Hortatory Exposition text singkat tentang banjir. Untuk memudahkan kamu dalam memahami isi teks yang kakak sajikan, contoh Hortatory Exposition berikut ini sudah kakak lengkapi juga dengan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Jika kamu merasa belum memahami pengertian Hortatory Exposition dan juga generic structure nya, sebaiknya kamu jangan langsung membaca contoh di bawah ini. Pahamilah terlebih dahulu penjelasan tentang Hortatory Exposition agar kamu bisa membedakan jenis teks ini dengan Analytical Exposition yang sama-sama merupakan Exposition Text dalam Bahasa Inggris.

Contoh Hortatory Exposition tentang Banjir kali ini akan membahas tentang “Urban Flooding” atau “Banjir Perkotaan” yang ternyata merupakan jenis banjir yang dianggap “khusus” dan berbeda dengan jenis banjir yang lainnya. Buat kamu yang ingin tau lebih jauh tentang “Urban Flooding” atau sekedar ingin melihat seperti apa bentuknya sebuah Hortatory Exposition itu, silahkan baca dengan teliti contoh di bawah ini. – KakDikta.blogspot.com

Hortatory Exposition Text About Flood
Google Image - Contoh Hortatory Exposition Text Tentang Banjir Dan Artinya

Contoh Hortatory Exposition Tentang Banjir

Banjir di daerah perkotaan ternyata dianggap berbeda dengan banjir pada umumnya. Hal ini karena banjir yang terjadi di daerah perkotaan umumnya disebabkan oleh hal yang sama yang hanya dialami oleh lingkungan perkotaan yaitu kurangnya drainase atau sistem saluran pembuangan air. Contoh Hortatory Exposition singkat kali ini berusaha menunjukkan bahwa keterlibatan kita sebagai warga yang tinggal di daerah perkotaan ternyata sangat penting dalam menanggulangi masalah banjir perkotaan ini. Ayo simak selengkapnya!

Urban Flooding (Banjir Perkotaan)
Urban flooding occurs repeatedly during rainy season. It submerges the streets and buildings, causing traffic disturbance and stopping a lot of people from doing their activities. Although this type of floods is not considered to be dangerous, it causes a great loss in terms of economy, especially when it happens repeatedly within a short interval. A serious act needs to be done to stop this problem once and for all.
According to experts, urban flooding mostly caused by the inability of the drainage system to contain rain water and drain it away. The government along with the city planner must have tried to build a better drainage system beneath the city when an urban flooding happened. It turns out that this effort is simply not enough to stop the flood from happening again. When the authorities try to look deeper into this problem, they found out that there is another reason beside the design of the sewer which makes the drainage system failed to work properly, and it is pile of trash inside the sewer. When we talk about trash, as the resident of the city, we all contribute to this problem. If we really want to stop the urban flooding from happening again, we need to change the way on how we treat our trash all this time. We should not litter anymore.
Limited space for green area also contributes to urban flooding. As we know that tree roots are able to hold water from rising to the surface of the ground. Urban area usually lack of open space that can be used to plant trees. This condition makes the rain water to spread freely above the ground which may result in urban flooding. It is absolutely the responsibility of the government to provide green area around a city, but merely relying on the power of government to make it happen is not the right choice. We need to make a move, because if we work together then we can achieve the goal faster and it means that we can stop the urban flooding immediately.
Urban flooding has been around since many years ago and up to now we haven’t been able to put an end to it. One of the possible reasons is that we haven’t tried to work together to fix it just as the explanation above has shown us. If we really want to stop urban flooding from happening repeatedly, I encourage all of you to start taking real action right now. You can start it by simply planting a tree in your front yard and throwing trash into the trash can.


Terjemahan Contoh Hortatory Exposition Tentang Banjir

Banjir Perkotaan
Banjir perkotaan terjadi berulang kali selama musim hujan. Hal itu merendam jalanan dan bangunan, menyebabkan gangguan lalu lintas dan menghentikan begitu banyak orang untuk melakukan kegiatan mereka. Meski jenis banjir ini tidak dianggap berbahaya, ia menyebabkan kerugian besar dalam hal ekonomi, terutama saat itu terjadi berulang kali dalam selang waktu yang singkat. Sebuah tindakan serius perlu dilakukan untuk menghentikan masalah ini secara tuntas.
Menurut para ahli, banjir perkotaan umumnya disebabkan oleh ketidakmampuan sistem drainase untuk menampung air hujan dan membuangnya. Pemerintah beserta perencana kota tentu telah mencoba untuk membangun sistem drainase yang lebih baik di bawah kota saat sebuah banjir perkotaan terjadi. Ternyata usaha ini tidaklah cukup untuk menghentikan terjadinya banjir itu lagi. Saat pihak berwenang mencoba melihat lebih dalam terhadap masalah ini, mereka menemukan bahwa ada alasan lain selain desain selokan/got yang membuat sistem drainase yang ada gagal untuk beroperasi secara baik, dan hal itu adalah tumpukan sampah di dalam got. Saat kita membicarakan tentang sampah, sebagai penduduk suatu kota, kita semua ikut berkontribusi terhadap masalah ini. Jika kita benar-benar ingin menghentikan banjir perkotaan agar tidak terjadi lagi, kita perlu mengubah cara kita memperlakukan sampah kita selama ini. Kita tidak boleh buang sampah sembarangan lagi.
Terbatasnya ruang untuk ruang terbuka hijau juga ikut berkontribusi terhadap banjir perkotaan. Seperti yang kita ketahui bahwa akar pepohonan mampu menahan air agar tidak naik ke permukaan tanah. Daerah perkotaan biasanya kekurangan ruang terbuka yang bisa digunakan untuk menanam pepohonan. Kondisi ini menyebabkan air hujan menyebar secara bebas di permukaan tanah yang mungkin berujung pada banjir perkotaan. Hal ini sudah tentu merupakan kewajiban pemerintah untuk menyediakan ruang terbuka hijau di sekitar kota, namun hanya bergantung saja pada kekuatan pemerintah untuk mewujudkannya bukanlah pilihan yang benar. Kita harus melakukan tindakan, karena jika kita bekerja sama maka kita bisa mencapai tujuan kita dengan lebih cepat dan hal itu berarti kita bisa menghentikan banjir perkotaan dengan segera.
Banjir perkotaan telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu dan hingga saat ini kita belum bisa menghentikannya. Salah satu kemungkinan alasannya adalah bahwa kita belum mencoba untuk bekerja sama untuk memperbaikinya seperti yang telah ditunjukkan dalam penjelasan di atas pada kita. Jika kita benar-benar ingin menghentikan banjir perkotaan agar tidak terjadi berulang kali, saya mendorong anda semua untuk mulai melakukan aksi nyata mulai saat ini. Kamu bisa memulai nya dengan menanam pohon di halaman depan mu dan membuang sampah kedalam tempat sampah.

Selesai sudah contoh Hortatory Exposition tentang banjir kali ini, semoga bisa dipahami dengan mudah dan bermanfaat bagimu. Sampai ketemu lagi dalam artikel selanjutnya dan jangan lupa baca juga Contoh Hortatory Exposition Tentang Internet Dan Artinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »