Pidato Bahasa Inggris Tentang Kemerdekaan Beserta Artinya

Hai adik-adik! Sesuai dengan judulnya, kali ini kakak akan menampilkan sebuah pidato Bahasa Inggris karangan kakak sendiri dengan tema kemerdekaan. Kalau mendengar tema kemerdekaan mungkin yang langsung terbayang di pikiran kita adalah momen 17 Agustus ya. Wajar saja, karena hari itu merupakan hari kemerdekaan negara kita. Tapi, dalam contoh pidato Bahasa Inggris kali ini, Kak Dikta akan membahas hal yang berbeda. Kali ini kakak akan membahas tentang arti atau makna kemerdekaan dalam kehidupan kita sehari-hari yang mungkin selama ini jarang kita sadari dan syukuri.

Bagi adik-adik yang memang sedang mencari pidato dengan tema lain, kakak harap kamu tidak keberatan untuk mengunjungi beberapa contoh Pidato Bahasa Inggris yang sudah kakak sediakan. Silahkan pelajari dan temukan tema pidato yang sesuai dengan kebutuhanmu kemudian coba kembangkan karyamu sendiri dengan menjadikan pidato yang sudah kakak sediakan sebagai panduannya. Hal ini penting untuk kamu lakukan supaya kamu lebih mudah dan natural nanti pada saat membawakan pidato tersebut di depan orang banyak. – KakDikta.blogspot.com

English Speech About Freedom
Google Image - Pidato Bahasa Inggris Tentang Kemerdekaan Beserta Artinya

Pidato Bahasa Inggris Tentang Kemerdekaan

Milenial, Gen-Z, Gen-Y, Gen Alpha atau apapun golongan generasimu, tentu semua tau kapan kita memperingati hari kemerdekaan kita. Namun sejauh apa sih menurutmu dampak kemerdekaan negara kita terhadap kehidupan kita sehari-hari? Seberapa besar kita memaknai arti kemerdekaan itu? Dan yang terpenting seberapa banyak kita mensyukurinya? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang Kak Dikta coba rangkum dalam pidato Bahasa Inggris kali ini. Silahkan dibaca dan semoga kamu menyukainya.

The Meaning of Independence in Our Life (Arti Kemerdekaan Dalam Hidup Kita)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Good morning everyone, have you ever been overseas? When was the last time you travelled to another country? Last year? Last week? A study shows that current lifestyle drive more people to travel to new places or even new countries more often. This is actually good, because the more you travel the more you learn. But the thing is, have you ever asked to yourself, how can you possibly travel overseas so easily? I mean, of course you can travel overseas because you have the money, but it is not about that. It is about the reason why we can go and enter a foreign country and be welcomed by the authority of the country. It is the same reason why we can sleep peacefully at night knowing that nothing bad would happen to us. It is because we have a country and its system that provides us all of it, security and endless possibility for us to maximize our potential.

Ladies and Gentleman,
Now that we start to think about it, who do you think deserve our gratitude? Is it the Government? Is it the system? Or is it the people who actually try to be obedient to the law? Well, I believe that we have to thank all of them, including our ancestors who manage to retrieve our freedom from the colonials so that we become an Independent Country.
Independence is the reason that we can enter another country and don’t get shot by the authority. Independence is the reason that we can pursue higher education in another country and being treated nicely by the locals. Independence is the reason that we can do anything that we want to get our happiness. Independence is the reason that we can finally decide what we want to do with our life.
This is just how much independence means to us. If you don’t believe with all things that I just mentioned or if you haven’t realize that it is true, just take a moment and imagine what would happen if our ancestors were not successful to defeat the colonials back then. The first thing that we can be sure about is that we don’t have a sovereign country and we are still enslaved by the colonials. Next, can you sleep whenever you like in this condition? Can you go wherever you like in this condition? I don’t think so. The worst scenario is that you don’t even have the right to express anything that you want or to refuse something that you don’t want. I am certain that you all believe in me now, don’t you?
A country and its people are like a clock and its batteries. A clock won’t work without the batteries, and the batteries mean nothing without the clock. The point is, a country needs its people just as much as its people need it. Just take a look at Rohingya people, I know that we feel sorry about them, but that is the example of how life would be if you don’t officially have a country or nation. You don’t officially have right on any ground, you definitely can’t get a job, and most countries will refuse to help you and so on.
What I am trying to say here is that we really need to be grateful for what we have right now in our life. Everything that we can do and everything that we can have right now is the result of the Independence of our country, and the independence of our country is the result of our ancestors struggle long time ago. Now that we have everything, we should really be grateful.
There are several things that we can do to show how grateful we are of everything that we have right now. The first is by not destroying the unity in our country. We know that there are so many tribes and ethnics in our country. It is our duty as the current generation and future generation of this country to maintain this unity. We shouldn’t put those tribes and ethnics in boxes and labeled them. We are one, we are Indonesia. Racism is the key to destroy our unity, and when we don’t have the unity anymore, there is no more Indonesia, because Indonesia is all of us, with no exception.
The second is by doing the best that you can in anything that you do. For one moment, you may think that this brings benefit to you, and you are right because when you give your best in something, you will achieve greatness in it. But you may not realize that, any achievement that we make, or any advancement that we achieve, it will also affect the country. For example you are a doctor and you invent a medicine that can cure cancer instantly. You certainly will benefit from this as this is your invention, but in the same time, you also bring something good for other people and it means you give something to the country.
The last but not least, we have to try to be ready to do anything that our country requires from us. This could mean something serious like conscription or even something a bit easier to do such as attending flag ceremony seriously, raising our national flag in certain occasion, and also taking part in election. This may seems like small things for us, but this is one of the way to show how grateful we are for our independence.

Ladies and Gentleman,
I believe that we love our country so much. I also believe that we are grateful for our independence. This speech was merely a self-reminder for me of how much I have right now and also how much I may lose if I don’t try to keep it. So, let’s keep this country great. I am Fandi Hernawan from SMAN 11 Kota Kopi. Thank you very much for your attention.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Kemerdekaan

Arti Kemerdekaan Dalam Hidup Kita

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat pagi semuanya, pernahkah anda pergi ke luar negeri? Kapan terakhir kali anda berjalan-jalan ke negara lain? Tahun lalu? Minggu lalu? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup saat ini membuat lebih banyak orang melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru atau bahkan ke negara baru lebih sering. Ini merupakan hal yang baik, karena semakin sering kamu berjalan-jalan semakin banyak yang kamu pelajari. Namun masalahnya, pernahkah anda bertanya pada diri sendiri bagaimana bisa anda bepergian ke luar negeri dengan begitu mudah? Maksud saya, tentu saja anda bisa bepergian ke luar negeri karena anda punya uang untuk melakukan itu, namun ini bukanlah tentang itu. Ini tentang alasan mengapa kita bisa pergi dan memasuki negara asing dan di sambut oleh pihak berwenang di negara tersebut. Ini juga merupakan alasan yang sama mengapa kita bisa tidur dengan tenang di malam hari karena kita tau bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada kita. Alasannya adalah karena kita memiliki negara dengan sistem nya yang menyediakan kita semua hal itu, keamanan dan kemungkinan tak terbatas bagi kita untuk memaksimalkan potensi kita.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Sekarang saat kita mulai memikirkan hal ini, siapa menurut anda yang berhak dapat rasa terimakasih dari kita? Apakah itu pemerintah? Apakah itu sistem nya? Atau yang pantas adalah orang-orang nya yang benar-benar mencoba patuh pada hukum? Saya rasa kita harus berterimakasih pada semuanya, termasuk para pendahulu kita yang berhasil merebut kemerdekaan kita dari para penjajah sehingga kita bisa menjadi sebuah negara yang merdeka.
Kemerdekaan adalah alasan mengapa kita bisa memasuki negara lain dan tidak di tembak oleh pihak berwenang di sana. Kemerdekaan adalah alasan mengapa kita bisa mengejar pendidikan tinggi di negara lain dan diperlakukan dengan baik oleh masyarakat local di sana. Kemerdekaan adalah alasan mengapa kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan untuk mendapatkan kebahagiaan kita. Kemerdekaan adalah alasan mengapa kita akhirnya bisa menentukan apa yang ingin kita lakukan dengan hidup kita.
Beginilah betapa berarti nya kemerdekaan bagi kita. Jika anda tidak percaya dengan semua hal yang baru saja saya sebutkan atau jika anda belum menyadari bahwa hal ini benar, ambil waktu sejenak dan bayangkan apa yang akan terjadi jika para pendahulu kita tidak berhasil mengalahkan para penjajah pada waktu itu. Hal pertama yang bisa kita pastikan adalah bahwa kita tidak akan memiliki sebuah negara yang berdaulat dan kita masih dijajah oleh para penjajah. Kemudian, bisakah kamu tidur kapanpun kamu mau pada kondisi seperti ini? Bisakah anda pergi kemanapun yang anda suka dalam kondisi ini? Saya rasa tidak. Scenario terburuknya adalah anda bahkan tidak akan memiliki hak untuk mengungkapkan apapun yang anda mau atau menolak suatu hal yang anda tidak inginkan. Saya yakin anda semua percaya dengan saya sekarang, benar kan?
Sebuah negara dan masyarakatnya adalah seperti sebuah jam dan baterai nya. Sebuah jam tidak akan bekerja tanpa baterai nya, dan baterai tidak bermakna apa-apa tanpa jam nya. Inti nya adalah, sebuah negara membutuhkan rakyatnya sama banyaknya dengan kebutuhan rakyat akan negara tersebut. Coba lihat masyarakat Rohingya, saya tau kita merasa kasihan pada mereka, namun itu merupakan contoh akan seperti apa hidup itu jadinya jika anda tidak secara sah memiliki suatu negara atau bangsa. Anda tidak secara resmi memiliki hak atas tanah, anda tentunya tidak bisa mendapat pekerjaan, dan kebanyakan negara akan menolak untuk membantu anda dan masih banyak lagi.
Apa yang saya coba utarakan adalah bahwa kita benar-benar perlu bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini dalam hidup kita. Semua hal yang bisa kita lakukan dan semua hal yang bisa kita miliki itu merupakan hasil dari kemerdekaan negara kita, dan kemerdekaan negara kita itu merupakan hasil perjuangan pada pendahulu kita pada masa lalu. Sekarang saat kita memiliki segalanya, kita harus benar-benar bersyukur.
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan betapa bersyukurnya kita atas segala hal yang kita punya saat ini. Yang pertama adalah dengan tidak menghancurkan kesatuan dalam negara kita. Kita tau bahwa ada begitu banyak suku dan etnis di negara kita. Itu merupakan tugas kita sebagai generasi masa kini dan generasi masa depan negara ini untuk menjaga kesatuan ini. Kita tidak boleh meletakkan suku-suku dan etnik-etnik itu dalam kotak-kotak dan melabeli mereka. Kita adalah satu, kita Indonesia. Rasisme adalah kunci untuk menghancurkan persatuan kita, dan saat kita tidak lagi memiliki persatuan, tidak ada lagi Indonesia, karena Indonesia itu adalah kita semua, tanpa terkecuali.
Yang kedua adalah dengan melakukan yang terbaik yang anda mampu dalam apapun yang anda lakukan. Untuk sejenak, anda mungkin berpikir bahwa hal ini membawa manfaat bagi anda, dan anda memang benar karena saat anda memberikan yang terbaik dalam suatu hal, anda akan menggapai sesuatu yang luar biasa di sana. Namun anda mungkin tidak menyadari bahwa, setiap pencapaian yang kita buat, atau kemajuan apapun yang kita capai, hal itu juga akan mempengaruhi negara. Sebagai contoh, anda adalah seorang dokter dan anda menemukan sebuah obat yang bisa menyembuhkan kanker dengan cepat. Anda tentu akan mendapatkan keuntungan dari hal itu karena ini merupakan penemuan anda, namun disaat yang sama, anda juga membawa dampak baik bagi orang lain dan ini artinya anda memberikan sesuatu pada negara.
Yang terakhir namun tak kalah pentingnya, kita harus mencoba untuk siap melakukan apapun yang diperlukan negara kita dari kita. Hal ini dapat berarti sesuatu yang serius seperti wajib militer atau juga sesuatu yang sedikit lebih mudah untuk dilakukan seperti misalnya menghadiri upacara bendera dengan serius, mengibarkan bendera negara pada acara tertentu, dan juga ikut serta dalam pemilu. Hal ini mungkin nampak seperti hal kecil bagi kita, namun ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan betapa bersyukurnya kita atas kemerdekaan kita.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Saya yakin bahwa kita sangat mencintai negara kita. Saya juga percaya bahwa kita sangat bersyukur atas kemerdekaan kita. Pidato ini hanyalah sekedar pengingat diri sendiri bagi saya akan betapa banyaknya yang saya miliki saat ini dan juga betapa banyak yang mungkin hilang dari saya jika saya tidak berusaha menjaganya. Oleh karena itu, ayo kita jaga agar negara kita tetap hebat. Saya Fandi Hernawan dari SMAN 11 Kota Kopi. Terimakasih banyak atas perhatian anda.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Adik-adik, inilah akhir dari pidato Bahasa Inggris kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber inspirasi dalam mengembangkan pidato karanganmu sendiri. Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, silahkan klik tombol follow di sebelah kanan jika kamu ingin terus mengikuti perkembangan blog ini. Jika kamu masih ada waktu luang, silahkan lanjutkan dengan membaca Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan Beserta Artinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »