Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan Beserta Artinya

Siang adik-adik, apa ada yang sedang mencari contoh pidato Bahasa Inggris? Jika iya, kebetulan banget nih, Kak Dikta udah nyiapin satu pidato Bahasa Inggris tentang lingkungan yang cocok banget untuk kamu sajikan di depan kelas. Silahkan baca dan pahami isinya, dan jangan lupa untuk memodifikasi beberapa bagian seperti misalnya bagian pembukaan pidato dan penutup, supaya contoh pidato Bahasa Inggris yang kakak sajikan kali ini jadi lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

Buat adik-adik yang mencoba mencari contoh pidato dengan tema yang lain, Kak Dikta sudah mempersiapkan beberapa variasi lho untuk kamu. Silahkan langsung kunjungi tulisan kakak yang berjudul: Pidato Bahasa Inggris dengan berbagai tema beserta artinya. Kalau kamu sudah menemukan tema yang kamu cari, langsung saja coba hafalkan supaya kamu lebih siap saat diminta menampilkannya. – KakDikta.blogspot.com

English Speech About Electronic Waste
Google Image - Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan Beserta Artinya

Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan

Berbicara tentang lingkungan, tentu ada banyak hal yang bisa kita angkat menjadi pembahasan dalam sebuah pidato. Hal yang perlu kita ingat saat kita akan membuat atau menyampaikan sebuah pidato adalah bahwa setiap pidato pasti mengandung maksud atau tujuan tertentu. Pada kesempatan kali ini, Kak Dikta memutuskan untuk membicarakan tentang “E-Waste” atau dalam Bahasa Indonesia nya kita sebut dengan “Limbah Elektronik”. Alasan kakak memilih topik ini sederhana saja, karena saat ini E-Waste masih belum kita perhatikan bahayanya, padahal di zaman sekarang, jumlah limbah elektronik ini sedang meningkat pesat. Harapannya, pidato Bahasa Inggris yang kakak buat kali ini bisa menyadarkan kita akan bahaya E-Waste.

The Harmful Effect of E-Waste (Efek Berbahaya Limbah Elektronik)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Good morning everybody.
The honorable Dean of Economic Faculty,
The honorable Mr and Madam Adjudicators,
The honorable Teachers and Coaches,
The honorable Committee, and all beloved participants.
First of all, let us express our gratitude to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life so that we can be here in this speech competition.
Second of all, I would like to thank all people who have devoted their time and energy in the preparation of this event so that it runs perfectly as we experience today.
My name is Rudi Putra. I’m from SMKN 1 Sekitaran South Bremen. Today, I would like to talk about “The Harmful Effect of E-Waste”.

Ladies and Gentleman,
When did the last time you bought a new cell phone? Last month? Last year? I believe that some of us may hold the latest version of iPhone or maybe the latest phone on the market right now. A survey conducted in America shows that most Americans get new cell phones every twelve to eighteen months. What did they do to their old cell phone when they get a new one? Some of them may still keep it, some of them may also sell it and some others may throw it to the trash bin because it was already broken. The point is our consumption on electronic device such as cell phone, computers, television, camera or battery is high and this may cause the number of E-Waste (electronic waste) increase accordingly.
Most of us may not realize that E-Waste is actually dangerous. One of possible reason why we don’t realize the danger of E-Waste is because we think that broken cell phone or computer don’t rot just like organic waste. Therefore, we assume that it won’t let any harmful bacteria or fungus to grow just like organic waste do. Well, this is where you get this wrong, because if only you know the effect of E-Waste to our environment and our body, you’ll think twice to let this scrap laying around in your yard.
Electronic waste such as broken cell phone, computers, used batteries and etc. contain a lot of hazardous substances such as lead, polychlorinated biphenyls (PCBs), chromium, cadmium and many more. All of these substances are harmful for human body, especially for children. They are extremely dangerous that the government only allow the dismantling process to be done by R2 certified recycling facility only. In short, we are actually not supposed to dismantle any used or broken electronic device by ourselves because it may harm our health.
How dangerous actually all of those substances to our health? Well, let’s talk about the effect of lead to our body as an example. According to an explanation about lead poisoning on WHO website, lead can cause long-term harm in adults such as increasing blood pressure and kidney damage. If it is exposed to pregnant women, it can cause miscarriage, premature birth and also low birth weight. The effect is even worse when it is exposed to children because it can attack their brain and central nervous system that can cause comma, convulsions and death. It is also stated that if the children survive the lead poisoning, they may experience mental retardation and behavioral disorders. So, do you still think that E-Waste is not dangerous? I don’t think so.
Electronic waste is not something that we can take lightly. Aside from its dangerous effect to human body, electronic waste will also damage the environment if we dump it carelessly. If we try to burn it, some components of electronic waste may release dangerous material such as hydrocarbons to the air and it may affect the well being of any living organism around it including human. If we just let it laying around on the ground, the chemical substance in E-Waste may pollute the soil which may take away the soil fertility and also affect the life of creatures living underground. The worst part of all this is that all of dangerous substances from E-Waste are non-biodegradable materials, which means that they will stay there forever and continue polluting anything around it.

Ladies and Gentleman,
We realize now that electronic waste will eventually harm ourselves if we don’t take care of it the right way. Now, I encourage all of you to start collecting any electronic waste in your house, put it in a safe box or thick plastic bag and bring it to the closest recycling centre or try to find special recycle bin for E-waste that you usually can find in some public places.

I think that’s all from me, thank you very much for your attention.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terjemahan Pidato Bahasa Inggris Tentang Lingkungan

Efek Berbahaya Limbah Elektronik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi semuanya.
Yang terhormt Dekan Fakultas Ekonomi,
Yang terhormat Bapak dan Ibu Juri,
Yang terhormat para guru dan pelatih,
Yang terhormat segenap panitia, dan semua peserta yang saya sayangi.
Pertama-tama, marilah kita ungkapkan rasa syukur kita pada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkah nya dalam hidup kita sehingga kita bisa berada di sini dalam lomba pidato ini.
Yang kedua, saya ingin berterimakasih pada semua orang yang telah mencurahkan waktu dan tenaga nya dalam persiapan acara ini sehingga acara ini bisa berjalan dengan sempurna seperti yang kita alami hari ini.
Nama saya Rudi Putra. Saya dari SMKN 1 Sekitaran Bremen Selatan. Hari ini, saya ingin membicarakan tentang “Efek Berbahaya dari Limbah Elektronik”.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Kapan terakhir kali anda membeli sebuah hape baru? Bulan lalu? Tahun lalu? Saya yakin beberapa orang dari kita mungkin sedang memegang versi terbaru iPhone atau mungkin hape terbaru yang ada di pasaran saat ini. Sebuah survey diadakan di Amerika menunjukkan bahwa sebagian besar orang Amerika berganti hape setiap dua belas hingga delapan belas bulan. Apa yang mereka lakukan pada hape lama mereka saat mereka mendapat hape baru? Beberapa dari mereka mungkin masih menyimpannya, beberapa yang lain mungkin juga menjualnya dan sebagian yang lain lagi mungkin membuangnya ke kotak sampah karena hape itu sudah rusak. Intinya adalah konsumsi kita terhadap barang elektronik seperti hape, komputer, televise, kamera atau baterai itu tinggi dan hal ini mungkin menyebabkan jumlah E-Waste (limbah elektronik) juga ikut meningkat.
Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa E-Waste itu sebenarnya berbahaya. Salah satu kemungkinan alasan mengapa kita tidak menyadari bahaya E-Waste adalah karena kita pikir bahwa hape atau komputer rusak tidak membusuk layaknya sampah organic. Oleh karena itu, kita beranggapan bahwa hal itu tidak akan memungkinkan bakteri berbahaya atau jamur untuk tumbuh layaknya yang terjadi pada sampah organic. Di sinilah anda salah memahaminya, karena jika saja anda tau efek dari E-Waste terhadap lingkungan dan tubuh kita, anda akan berpikir dua kali untuk membiarkan sampah ini berserakan di halaman anda.
Limbah elektronik seperti hape rusak, komputer, baterai yang sudah terpakai dan sebagainya mengandung banyak zat berbahaya seperti timah, polychlorinated biphenyls (PCBs), chromium, cadmium dan masih banyak lagi. Semua zat ini berbahaya bagi tubuh manusia terutama untuk anak-anak. Mereka sangatlah berbahaya hingga pemerintah hanya mengijinkan proses pembongkaran dilakukan di fasilitas daur ulang bersertifikat R2 saja. Singkatnya, kita sebenarnya tidak boleh membongkar alat elektronik yang telah terpakai maupun rusak sendiri karena hal itu mungkin membahayakan kesehatan kita.
Seberapa berbahaya sebenarnya semua zat itu bagi kesehatan kita? Kalau begitu, mari kita bicarakan tentang efek dari timah pada tubuh kita sebagai contohnya. Berdasarkan penjelasan tentang kondisi keracunan timah di website WHO, timah bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada orang dewasa seperti meningkatkan tekanan darah dan kerusakan ginjal. Jika hal ini mengenai wanita hamil, hal itu bisa menyebabkan keguguran, kelahiran premature dan juga berat badan yang rendah saat lahir. Efeknya semakin buruk saat hal ini mengenai anak-anak karena ia bisa menyerang otak dan sistem saraf pusat yang bisa menyebabkan koma, kejang dan kematian. Dinyatakan juga bahwa jika si anak bertahan dan selamat dari keracunan timah, mereka masih mungkin menghadapi keterbelakangan mental dan kelainan prilaku. Jadi, apa kamu masih berpikir bahwa E-Waste itu tidak berbahaya? Saya rasa tidak begitu.
Limbah elektronik bukanlah sesuatu yang bisa kita anggap enteng. Selain efek berbahayanya terhadap tubuh manusia, limbah elektronik juga akan merusak lingkungan jika kita membuangnya sembarangan. Jika kita berupaya untuk membakarnya, beberapa komponen dari limbah elektronik dapat melepaskan material berbahaya seperti hydrocarbons ke udara dan hal ini dapat mempengaruhi kesehatan makhluk hidup disekitarnya termasuk manusia. Jika kita membiarkannya berserakan di tanah, zat kimia dalam E-Waste bisa mencemari tanah yang dapat menghilangkan kesuburan tanah dan juga mempengaruhi kehidupan makhluk yang hidup di bawah tanah. Bagian terburuk dari semua ini adalah semua zat berbahaya yang berasal dari E-Waste merupakan material yang bersifat non-biodegradable, yang artinya mereka akan tetap berada di sana selamanya dan terus mencemari segala sesuatu di sekitarnya.

Ibu-ibu dan Bapak-bapak,
Kita sadar sekarang bahwa limbah elektronik pada akhirnya akan membahayakan diri kita sendiri jika kita tidak mengurusinya dengan cara yang benar. Sekarang, saya mengajak anda semua untuk mulai mengumpulkan segala macam limbah elektronik di rumah anda, letakkan semua itu dalam sebuah kotak yang aman atau kantung plastic yang tebal dan bawa lah itu ke pusat daur ulang terdekat atau coba temukan kotak sampah khusus untuk E-Waste yang biasanya bisa anda temukan di beberapa tempat umum.

Saya rasa itu saja dari saya, terimakasih banyak atas perhatian anda.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selesai sudah contoh pidato Bahasa Inggris tentang lingkungan kali ini, semoga informasi yang terkandung di dalamnya bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Jangan lupa, kalau adik-adik suka dengan blog ini, silahkan klik tombol follow yang ada di bagian pojok kanan bawah. Terimakasih banyak atas kunjungan dan dukungannya, semoga blog ini akan terus berkembang dan tetap selalu membawa manfaat bagi banyak orang, Aamiin. Selanjutnya silahkan baca: Pidato Bahasa Inggris Tentang Kesehatan Beserta Artinya.

Referensi:
  1. 5 Shocking Environmental Effects of E-Waste - https://info.mayermetals.com/blog/5-shocking-environmental-effects-of-e-waste - Diakses tanggal 14 September 2019
  2. R2 Certification Definition - https://certifications.thomasnet.com/certifications/glossary/other-certification_registration/miscellaneous/r2/ - Diakses tanggal 14 September 2019
  3. Electronic Waste - https://www.who.int/ceh/risks/ewaste/en/ - Diakses tanggal 14 September 2019
  4. Lead Poisoning and Health - https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/lead-poisoning-and-health - Diakses tanggal 14 September 2019
  5. What are the harmful effects of e-waste? - https://www.quora.com/What-are-the-harmful-effects-of-e-waste - Diakses tanggal 14 September 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »