Arti Penting Bahasa Inggris Bagi Kemajuan SDM Indonesia

Kemajuan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan nasional Indonesia. Hal ini bahkan bisa dikatakan sebagai tujuan utama dari pembangunan nasional itu sendiri, karena hanya pada saat SDM kita unggullah kita bisa menjadi bangsa yang maju dan Indonesia bisa menjadi negara yang jauh lebih produktif sehingga nantinya kita bisa ikut berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat dunia. Inilah sebabnya lembaga seperti Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) atau yang biasa dikenal sebagai Kadin Indonesia, yang bergerak di bidang perekonomian, sangat peduli terhadap peningkatan mutu SDM di Indonesia.

Bicara tentang sumber daya manusia, tentu kita tidak bisa lepas dengan kaitannya terhadap dunia pendidikan. Hal ini karena, hanya melalui proses pendidikanlah seseorang bisa kita tingkatkan kualitasnya. Ini berarti, pendidikan merupakan kunci dalam memajukan kualitas sumber daya manusia di Indonesia agar dapat menjadi SDM unggul yang selalu kita idam-idamkan.

Terkait dengan dunia pendidikan, Bahasa Inggris merupakan salah satu elemen yang memiliki peranan penting terhadap kemajuan SDM di Indonesia. Melalui tulisan kali ini, saya akan menjelaskan pendapat saya tentang arti penting pembelajaran Bahasa Inggris bagi kemajuan SDM Indonesia dalam bentuk ilustrasi tentang manfaat yang bisa kita peroleh dengan menguasai kemampuan Bahasa Inggris. Silakan baca tulisan ini hingga selesai, semoga apa yang saya sajikan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. – KakDikta.blogspot.com

Manfaat Mempelajari Bahasa Inggris
Google Image - Arti Penting Bahasa Inggris Bagi Kemajuan SDM Indonesia

Berbagai Manfaat Menguasai Kemampuan Bahasa Inggris

Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa mereka bisa tetap “hidup” dan sukses meski tanpa kemampuan Bahasa Inggris. Misalnya saja orang-orang yang memutuskan bahwa mereka ingin memulai usaha berskala lokal dengan target pasar yang masih bisa dijamah dengan Bahasa Indonesia saja atau mereka yang memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan yang mereka yakini sebagai lingkungan kerja dimana interaksi dengan Bahasa Inggris sangat minim bahkan tidak ada. Pilihan dan pendapat seperti ini tidaklah salah, tapi sebelum teman-teman semua memilih untuk memercayai opini di atas, cobalah baca beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dalam penjelasan berikut ini.

Kesempatan Untuk Jadi Lebih Pintar

Kita semua tentu sepakat bahwa orang yang dikategorikan sebagai orang pintar adalah orang yang tau akan banyak hal. Untuk mengetahui banyak hal kita perlu membaca banyak informasi, dan untuk saat ini, internet adalah sumber informasi utama bagi kita. Apapun yang ingin kita ketahui atau pelajari, sudah pasti kita akan mencarinya terlebih dahulu di internet. Dengan begini bisa kita simpulkan bahwa interaksi kita dengan berbagai informasi di internet telah membantu kita menjadi pintar atau tau banyak hal.

Hal yang mungkin belum kita ketahui atau sadari adalah bahwa Bahasa Inggris ternyata menjadi bahasa yang mendominasi dalam hal penyajian berbagai informasi di internet. Berdasarkan data yang saya peroleh dari website statisca.com, Bahasa Inggris menempati peringkat pertama dalam hasil survey tentang berbagai bahasa yang paling banyak digunakan di internet dengan persentase penggunaan sebesar 25.2%. Hal ini berarti 25.2% dari seluruh informasi yang ada di internet disajikan dalam Bahasa Inggris. Jumlah ini sangat fantastis jika kita bandingkan dengan jumlah informasi yang disajikan dalam Bahasa Indonesia yang ternyata hanya mencapai 3.9% saja.

Most Common Languages on The Internet
Google Image - Most Common Languages Used on The Internet
Fakta di atas menunjukkan bahwa informasi yang dapat kita pelajari jika kita menguasai kemampuan Bahasa Inggris berjumlah enam kali lebih banyak dibandingkan dengan yang bisa kita pelajari jika kita hanya menguasai kemampuan Bahasa Indonesia saja. Jika selama ini dengan mengandalkan informasi yang tersedia dalam Bahasa Indonesia saja kita sudah bisa sepintar diri kita saat ini, tentu kamu bisa membayangkan betapa besar kemungkinan bagi kita untuk menjadi jauh lebih pintar jika kita bisa menguasai Bahasa Inggris. Jika semua orang bisa menguasai Bahasa Inggris, tentulah kualitas SDM di Indonesia akan meningkat dengan pesat.

Meningkatkan Nilai Jual Diri

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pertanyaan seperti “kamu bisa bahasa inggris?” dan “bahasa inggris kamu aktif atau pasif?” merupakan contoh pertanyaan yang sering ditanyakan dalam sebuah wawancara kerja. Meski memang jawaban akan pertanyaan ini terkadang tidak memengaruhi diterima atau tidaknya seseorang untuk suatu pekerjaan, namun umumnya kemampuan Bahasa Inggris yang baik akan menjadi nilai tambah diri kita di mata pihak perusahaan atau pihak perekrut.

Meningkatnya nilai jual diri dengan menguasai kemampuan Bahasa Inggris tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang ingin bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah saja, namun juga bagi orang-orang yang bergerak di bidang penyediaan jasa dan wirausaha mandiri di berbagai bidang. Nilai jual di sini kita artikan sebagai suatu hal yang unik dan membedakan seseorang yang memilikinya dengan orang lain dengan latar belakang yang sama namun tidak memiliki hal itu.

Sudah ada beberapa contoh nyata tentang hal ini yang bisa kita temukan di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Mr. Nanang pedagang es cincau di daerah Bogor yang menjadi viral di internet karena kemampuannya melayani para pembeli dengan menggunakan Bahasa Inggris dan juga Pak Tarmedi seorang sopir taksi yang selalu menyapa dan mengajak penumpang taksi nya untuk berbincang-bincang dalam Bahasa Inggris. Kemampuan mereka dalam menggunakan Bahasa Inggris terbukti menjadi suatu hal yang menarik perhatian dan menjadikan mereka berbeda di bidangnya. Hal itu pun membawa dampak yang positif dalam kegiatan usaha yang mereka jalani.

Kesempatan Pengembangan Diri yang Luas

SDM yang unggul bukan hanya tentang memiliki keahlian dalam suatu bidang saja, namun juga tentang kesadaran diri untuk terus berkembang. Keinginan untuk berkembang ini akan tersalurkan dengan lebih baik saat seseorang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Misalnya saja saat seseorang tertarik ingin mempelajari sesuatu, informasi yang tersedia tentang hal tersebut dalam Bahasa Indonesia mungkin saja sudah memadai, namun informasi tentang hal yang sama dalam Bahasa Inggris sudah tentu lebih banyak jumlahnya. Jika orang tersebut mempelajari keduanya, tentu pemahamannya akan lebih kaya.

Selain itu, pengembangan diri terkadang bukan hanya tentang pengetahuan, namun juga tentang pengalaman nyata dalam bentuk kegiatan lapangan. Kemampuan Bahasa Inggris yang baik akan membuka begitu banyak akses terhadap kegiatan-kegiatan positif di kancah dunia, misalnya saja kegiatan pertukaran pelajar / pemuda antar negara, kegiatan sukarelawan antar negara, kegiatan komunitas tertentu dengan skala internasional dan lain sebagainya.

Kegiatan otodidak atau belajar mandiri juga merupakan salah satu bentuk pengembangan diri yang dapat meningkatkan kualitas SDM di sebuah negara yang berujung pada kemajuan negara tersebut. Terkait dengan hal ini, materi tutorial dalam bentuk teks dan video sangat penting untuk kesuksesan kegiatan otodidak ini, dan seperti yang sudah saya sebutkan dari awal, materi atau informasi yang tersedia di internet sebagian besar disajikan dalam Bahasa Inggris. Ini artinya, sumber atau bahan belajar yang ada dalam Bahasa Inggris jauh lebih banyak bagi kita. Bahkan dalam bidang tertentu seperti tutorial koding / pemrograman, Bahasa Inggris adalah hal yang tidak mungkin kita hindari.

Menguasai penggunaan Bahasa Inggris jelas terbukti bisa meningkatkan kualitas dan daya jual diri kita sebagai SDM Indonesia sehingga kita bisa menjadi lebih produktif. Meningkatnya produktifitas masing-masing individu dalam masyarakat akan berujung pada meningkatnya pendapatan perkapita negara. Melihat kenyataan ini, saya rasa sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai bagian dari SDM di Indonesia untuk mulai mencoba menguasai Bahasa Inggris dengan serius. Karena jika kita semua berusaha dengan keras untuk menguasai Bahasa Inggris dari sekarang, maka suatu saat kita akan sampai di titik dimana kita semua akan menjadi SDM yang lebih unggul, mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global, jauh lebih fleksibel terhadap tantangan dan risiko dan tentunya jauh lebih produktif sehingga kita bisa berkontribusi lebih banyak terhadap kemajuan negara kita.

Referensi:
  1. Kadin Blog Competition - https://www.kadin.id/blogcompetition/ - Diakses tanggal 26 Desember 2019
  2. KADIN - Kamar Dagang dan Industri Indonesia - https://www.kadin.id/ - Diakses tanggal 26 Desember 2019
  3. Internet: most common languages online 2019 - https://www.statista.com/statistics/262946/share-of-the-most-common-languages-on-the-internet/ - Diakses tanggal 26 Desember 2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

52 comments

Write comments
December 26, 2019 at 3:58 PM delete

Menarik sekali tulisannya.. Keep sharing kak 👍

Reply
avatar
December 26, 2019 at 4:13 PM delete

Inspiratif sekali tulisannya, semakin semangat untuk meningkatkan kemampuan B. Inggris saya.

Reply
avatar
December 26, 2019 at 4:29 PM delete

Mantap. Ternyata belajar bahasa inggris banyak banget manfaatnya ya, bukan cuma gaya2an doang. Inspiratif

Reply
avatar
Eka
December 26, 2019 at 4:38 PM delete

Mantap tulisannya. Sangat membantu utk meningktkan belajar bahasa inggris.

Reply
avatar
December 26, 2019 at 4:40 PM delete

Sangat membantu, lanjutkan lagi

Reply
avatar
December 26, 2019 at 4:43 PM delete

Tulisannya sangat membantu, jadi tau manfaat belajar bahasa inggris yang sesungguhnya .

Reply
avatar
December 26, 2019 at 4:44 PM delete

Ternyata Sangat bagus dan banyak manfaatnya belajar b.inggris

Reply
avatar
Vim
December 26, 2019 at 4:47 PM delete

Belajar bahasa asing tentunya memberikan jalan lain menuju dunia yang luas

Reply
avatar
December 26, 2019 at 5:00 PM delete

Artikelnya membantu bangeetttt, d tunggu artikel selanjutnya kak biar lebih semangat belajar b. Ing

Reply
avatar
December 26, 2019 at 5:06 PM delete

mantap..sangat membantu untuk menambah wawasan😉

Reply
avatar
December 26, 2019 at 5:18 PM delete

saya sedikit2 bisa bahasa Inggris karena keseringan main game, menurut kakak itu gimana ya?? 😀😀😀

Reply
avatar
December 26, 2019 at 5:24 PM delete

Setuju bangett!! Sayang banget kalo kurikulum yang dipakai jam pelajaran bahasa inggris malah di persingkat, makanya harus pilih sarana tambahan lain biar menunjang kbm bahasa inggris yang singkat di kelas, misalnya ikut aktif di ekskul English Club gitu buat murid atau mahasiswa, hehehe

Reply
avatar
December 26, 2019 at 5:35 PM delete

Luar biasa,sangat bermanfaat, pemilihan kata menarik, membuat saya betah baca dari awal sampai akhir, terus berkarya min!

Reply
avatar
December 26, 2019 at 5:40 PM delete

Bagus ni.. sangat membantu sekali bwt menambah ilmu..

Reply
avatar
December 26, 2019 at 6:06 PM delete

👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻
Mau banget lebih bisa bahasa inggris... 😊

Reply
avatar
December 26, 2019 at 9:04 PM delete

Smngt trus bang utk ngsih tulisan yg bisa memotivasi byk orang

Reply
avatar
December 26, 2019 at 9:43 PM delete

Menarik sekali....
Dapet ilmu baru deh

Reply
avatar
December 26, 2019 at 10:25 PM delete

Wah thx ya kak, artikelnya menarik dan membantu sekali.. semoga lebih banyak orang bisa terbuka matanya tentang bahasa inggris berkat artikel kakak...

Reply
avatar
December 26, 2019 at 10:58 PM delete

Satu lagi, bahasa Inggris adalah bahasa pemersatu dunia

Reply
avatar
December 27, 2019 at 12:43 AM delete

Keren banget minn, saya jd lebih termotivasi utk terus bljr B. Inggris!! Semoga artikel ini dpt menjangkau org banyak jadi negara kita ini bertambah org" yg bisa berbahasa Inggris sehingga bertambah jg kualitas SDMnya :D

Reply
avatar
December 27, 2019 at 2:36 AM delete

Memang penting bisa bhs inggris diera sekarang.

Reply
avatar
December 27, 2019 at 3:16 AM delete

I agree, English is such an important language to master, almost everything requires English nowadays, especially to get a job and to upgrade career. People especially in Indonesia need to read this blog, keep it up!

Reply
avatar
December 27, 2019 at 3:20 AM delete

Bagus banget ternyata kalo kita bisa bahasa inggris.dan banyak banget manfaat kalo kita bisa bahasa inggris

Reply
avatar
December 27, 2019 at 3:28 AM delete

Saya setuju banget sama konten artikel ini.. Gimanapun bahasa inggris udh jadi bahasa universe si menurut ane.. Patut banget di pelajari

Reply
avatar
December 27, 2019 at 5:13 AM delete

Karya tulis yang sangat bermutu & berkualitas, saya harap tulisan ini dapat menjadi contoh serta referensi bagi para penulis lainnya.

Reply
avatar
December 27, 2019 at 12:15 PM delete

Mungkin juga bisa bantu ingatkan bahwa belajar bahasa inggris maupun bahasa asing lainnya tidak berarti tidak menghargai bahasa nasional.

Terima kasih atas artikel inspiratifnya!

Reply
avatar
December 27, 2019 at 8:49 PM delete

Good to read tho ����

Reply
avatar
December 28, 2019 at 8:45 PM delete

Satu lagi, gan.. bisa gombalin si doi pake bahasa Inggris, selain itu menurut penelitian mahir berbahasa Inggris meningkatkan kegantengan hingga 75%..

Reply
avatar
fnk
December 28, 2019 at 11:31 PM delete

Mantap min jadi lebih tertarik untuk blajar bahasa inggris lebih dalam lagi!!

Reply
avatar
December 28, 2019 at 11:55 PM delete

Makasihh minnn , baru paham tentang ini setelah baca artikel nya, mantapp !!!

Reply
avatar
December 28, 2019 at 11:57 PM delete

Wahh ini artikel yang selama ini aku cari

Reply
avatar
December 28, 2019 at 11:57 PM delete

artikel nya bermanfaat,sangat membantu saya saat mengerjakan tugas tentang SDM terimakasih..

Reply
avatar
ami
December 29, 2019 at 12:00 AM delete

Wooh...kereen. ternyata berdasarkan statistika bahasa inggris banyak dipake di internet ya...nice info!

Reply
avatar
December 29, 2019 at 5:36 AM delete

Tulisan nya menarik kak 👍😀,membuka wawasan kita 😁👍👍

Reply
avatar
December 29, 2019 at 10:02 PM delete

Keren bgt min artikelnya! Membuka mata ttg pentingnya bljr b.inggris�� Semangat min, keep it up!!��

Reply
avatar
December 30, 2019 at 5:15 AM delete

jadi tau manfaat belajar bahasa inggris, thanks kak

Reply
avatar
December 30, 2019 at 6:33 PM delete

Jadi pengen menguasai bahasa inggris lebih dalam lagi nih 😁

Reply
avatar
December 30, 2019 at 8:17 PM delete

wow.. hamba tercengang.. ayo blajar bhasa inggris.. jangan sampai cuma tau I love you doang..

Reply
avatar
January 2, 2020 at 5:34 AM delete

Mantab kali ini blog. Keren beutt

Reply
avatar
January 4, 2020 at 4:19 AM delete

Materi yg d angkat bagus, manfaat bahasa inggris d zaman globalisasi saat ini. Tentunya dg blajar bahasa inggris akan jauh lbih membantu.

Reply
avatar
January 7, 2020 at 7:50 PM delete

Mantap, sangat bermanfaat infonya, terus berkarya bro...

Reply
avatar
Eko
January 8, 2020 at 12:35 AM delete

iya setuju bgt nih, emang bahasa inggris bisa bantu meningkatkan kualitas SDM di negara kita, mungkin salah satu alasan singapore maju karena disana bahasa inggris udah jadi bahasa resmi sehari-hari

Reply
avatar
January 8, 2020 at 8:12 PM delete

artikel yg bermanfaat.. menambah wawasan dan pemahaman.. thank you kak dikta.. sukses selalu dan terus berkarya yah...

Reply
avatar